Mahasiswa Unusa menyelesaikan program pertukaran mahasiswa ke Jepang

Surabaya (JurnalPagi) – Nafal Elham Saputra, mahasiswa program studi D4 (K3) kesehatan dan keselamatan kerja Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya (Yunsa), telah menyelesaikan Jenesys 2022 atau Japan-East Asia Student and Youth Exchange Network.

“Alhamdulillah, kami bisa mengikuti Jenesys 2022 yang akan diselenggarakan secara tatap muka di Tokyo, Jepang pada 24-31 Januari 2023,” kata Nafal di Surabaya, Senin.

Ia mengatakan: Kegiatan ini diadakan secara daring beberapa tahun lalu karena adanya pandemi Covid-19.

Unusa Gandeng Lingkar NU Adakan TOT Matematika Tadris untuk Guru SD.

Namun pada tahun 2023, kegiatan Jenesys akan dilaksanakan secara offline di Tokyo, Jepang, sehingga peserta dapat langsung mempelajari segala hal yang berhubungan dengan negeri Sakura tersebut.

Dikatakannya, tujuan program pertukaran ini, selain untuk mempererat hubungan persahabatan antar negara, juga untuk memperluas wawasan teman-teman tentang Jepang di berbagai bidang, antara lain ekonomi, sosial, sejarah, budaya, politik, dan hubungan diplomatik.

Pria peraih juara III Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2022 ini mengaku sangat beruntung bisa lolos dalam program pertukaran pelajar internasional.

Ia pun merasa bangga bisa membawa nama Unusa ke kancah internasional, yang mempertemukannya dengan mahasiswa dari berbagai negara di Asia Tenggara.

Menaker berharap mahasiswa Unusa mampu menjawab tantangan era digital.

“Yang terpenting jangan takut untuk memulai dan jangan lupa untuk selalu percaya pada kemampuanmu,” kata Nafal.

Pria kelahiran Surabaya, 25 Maret 2002 ini mengajak mahasiswa Unusa untuk selamanya Memperbarui Dalam hal bertukar informasi dari berbagai sumber, jangan lupa persiapkan diri Anda dan selalu latih kemampuan bahasa Inggris Anda, mis. Berbicara Dan Menulis.

“Tetaplah belajar, berlatih dan carilah cara belajar yang nyaman, jangan lupa berdoa agar lebih nyaman,” ujarnya.

Diakuinya, kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk membangun relasi dan networking dengan generasi muda dan mahasiswa di Jepang.

Dubes India Gandeng Unusa

Ia mengatakan: Program pertukaran ini merupakan salah satu strategi Jepang untuk memperkenalkan negaranya dalam hal pendidikan, teknologi dan budaya.

Koresponden: Willy Irvan
Editor: Bambang Sotopo Hadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *