CEO PSIS: Pencalonan Eric Tohir dan La Niala sebagai “pemilih” membingungkan

Jakarta (JurnalPagi) – Direktur Utama PSSI yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI AS Sukawijaya mengatakan, pencalonan Eric Tuhir dan La Nyala Mataliti sebagai Presiden Umum PSSI 2023-2027 membuat pemilih PSSI kebingungan menentukan pilihan.

“Kami yang ‘pemilih’ bingung mau pilih yang mana. Dua-duanya sama-sama bagus, sama-sama bagus,” ujar pria bernama Yoyok Sukavi di Jakarta, Minggu (15/1).

Eric Tohir memiliki keunggulan dalam hal pengalaman sepak bola komersial, menurut Yoyok. Selain itu, Eric saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN.

Sementara menurutnya, La Niala diuntungkan dari jejak politik. La Nyalla kini berstatus sebagai Presiden Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD).

Yuyuk berkata: Keduanya tidak buruk.

Karena itu, untuk memastikan pemilihannya, pria yang juga duduk di parlemen Indonesia ini menunggu pemaparan program dari Eric dan La Nyala.

La Nyalla siap bersaing, termasuk dengan Erick Thohir untuk Ketum PSSI

Keduanya sudah menyatakan serius melakukan perubahan di PSSI dan membasmi mafia sepakbola, tapi belum bicara soal perkembangan klub dan PSSI provinsi.

“Apa yang ingin Anda bawa ke klub dan Aspero. Hal-hal baru apa yang bisa menumbuhkan industri sepak bola. Itu yang kita tunggu,” kata Yoyok.

Hingga Minggu (15/1), sudah ada dua orang yang mendaftar sebagai calon Presiden Umum PSSI 2023-2027, yakni Presiden Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Indonesia La Nyala Mataliti dan Menteri BUMN Eric Tohir.

Eric Tohir: Anda Harus Berani Ciptakan Sepakbola Bersih dan Sukses

Meski Eric Tohir belum pernah aktif di PSSI, namun ia memiliki jejak di kancah sepakbola internasional. Pria yang juga berprofesi sebagai pengusaha ini pernah memiliki salah satu klub terbesar di Eropa, Inter Milan.

Dia juga memegang saham mayoritas di klub MLS AS DC United.

Di Indonesia, sebagai presiden Mahaka Sport, Eric menyelenggarakan Piala Presiden sekali pada 2015 untuk mengisi kekosongan turnamen karena PSSI mendapat sanksi dari FIFA.

Berbeda dengan Eric, La Niala merupakan sosok yang berpengalaman di PSSI. Ia menjabat sebagai Presiden Umum PSSI pada 2015 hingga PSSI akhirnya dibekukan oleh pemerintah Indonesia dan mendapat sanksi dari FIFA dengan pencabutan keanggotaannya.

Selain Eric dan La Nyala, Sekjen PSSI 2017-2020 Ratu Tisha Destria juga masuk dalam daftar calon Wakil Presiden PSSI 2023-2027.

Kongres Luar Biasa PSSI untuk memilih anggota baru Komite Eksekutif PSSI termasuk Presiden Jenderal akan diselenggarakan pada 16 Februari 2023.

Mantan Sekjen PSSI Ratu Tisha Resmi Ikut Beasiswa Kandidat PSSI Waketum 2023-2027

Mohammad Irivan Pastikan Tak Lagi Mencalonkan Diri sebagai Ketua Umum PSSI
PSSI mencalonkan total 11 anggota KP dan KBP dalam kongres reguler 2023.

Pengkhotbah: Michael Sihan
Editor: Ervan Sohairondi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *