jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Dokter spesialis anak dari Kelompok Tenaga Medis Kesehatan Anak RSUD dr Meli. Cipto Mangunkusumo Jakarta menjelaskan cara mengobati mimisan pada anak yang benar.

Dalam siaran radio yang diikuti secara online dari Jakarta, Senin, Dr. dokter. Teny Tjitra Sari, SpA(K) mengatakan, meninggikan kepala atau memasukkan daun sirih ke hidung bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi mimisan.

“Sebenarnya tidak ada gunanya memiringkan kepala atau memasukkan daun sirih ke hidung,” kata Tani yang tergabung dalam Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Menurutnya, anak yang mengalami mimisan sebaiknya duduk dan membiarkan darah keluar dari hidung.

Ia mengatakan, mimisan biasanya berhenti dalam waktu kurang dari 10 menit. Bila mimisan tidak mereda setelah 10 menit, sebaiknya anak segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sering mimisan pada anak mungkin disebabkan oleh alergi

Setelah anak duduk, orang tua juga dapat meminta anak untuk meletakkan es batu di mulutnya dan meletakkannya di langit-langit mulutnya, kata Tenney.

“Jangan ditelan atau dimuntahkan, tempelkan di langit-langit mulut untuk mendinginkannya. Agar pendarahannya bisa kita bantu hentikan,” ujarnya.

Tenney menjelaskan, mimisan bisa terjadi karena selaput hidung sensitif terhadap kondisi lingkungan, seperti udara kering atau alergi.

Ia mencontohkan, anak-anak biasanya menggaruk hidung saat beraktivitas di ruangan ber-AC, sehingga selaput atau pembuluh darah di dalamnya bergesekan, robek, dan menyebabkan mimisan.

AC mengeringkan udara sehingga jika digosok sedikit saja hidung akan mudah berdarah. Saat ini, anak-anak bangun dengan AC, keluar sebentar, berkendara ke sekolah, masuk, turun. Dan biar kepanasan, balik lagi ke ruangan ber-AC. Jadi hidungnya kering.”

Tenney menekankan pentingnya mengetahui penyebab mimisan pada anak agar dapat mengobatinya dengan baik.

“Satu lagi, ibu tidak boleh panik. Kalau ibu panik, bayinya akan semakin panik, sehingga tidak bisa diatasi,” ujarnya.

IDAI: Cuaca Ekstrem Bikin Anak Mudah Dehidrasi dan Penyebab Mimisan
Penyebab Sakit Kepala disertai Mimisan karena Panas

Koresponden: Harilvita Dharma Shanti
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024