jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang dapat disantap dalam berbagai bentuk mulai dari sup, tumis hingga jus.

Jus bayam kini populer di kalangan pelaku diet sehat karena sederhana namun memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Tampaknya meminum jus bayam secara teratur dapat memberi Anda jumlah protein, vitamin, dan mineral harian. Berikut beberapa manfaat minum jus bayam secara rutin, seperti dilansir laman Medical Daily, Sabtu.

Bayam untuk mencegah diabetes dan menjaga tekanan darah

Ini mengontrol gejala diabetes

Bayam merupakan sumber antioksidan yang sempurna terutama karena kandungannya Asam alfa lipoat yang membantu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Penderita diabetes bisa mendapatkan manfaat yang signifikan dengan meminum jus bayam secara teratur, karena sayuran ini dapat mengurangi risiko neuropati perifer dan menurunkan kadar glukosa darah.

Membantu menjaga penglihatan

Konsumsi jus bayam secara teratur dapat meningkatkan penglihatan seseorang, karena sayuran ini mengandung banyak beta-karoten, lutein dan zeaxanthin.

Ketiga komponen tersebut masing-masing berperan dalam perkembangan penglihatan, khususnya perkembangan makula. Makula membantu mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke mata, sehingga mengurangi risiko degenerasi mata.

Manfaat bayam untuk memberi energi dan menangkal kanker

Kulit bebas jerawat dan rambut sehat

Konsumsi jus bayam secara rutin dapat membantu memperbaharui sel-sel tubuh terutama rambut dan kulit karena terhidrasi dengan baik.

Jus bayam yang kaya akan antioksidan mampu membuat kulit menjadi lebih sehat. Selain itu, tingginya kadar vitamin A, B, dan C yang ada dalam jus bayam membantu merangsang pertumbuhan rambut sehingga meningkatkan ketebalannya.

Mencegah kanker

Kanker berasal dari beberapa faktor, termasuk efek karsinogenik amino heterosiklik. Karsinogen ini berasal dari bagian yang terbakar pada makanan yang dimasak dengan suhu tinggi.

Tingginya kadar klorofil dalam jus bayam secara efektif dapat menghambat asam amino yang dapat menyebabkan kelainan pada sel dan kemudian berubah menjadi kanker.

Jangan sampai cepat merasa lelah atau lesu

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada jus bayam dapat membantu pemulihan dan pemulihan tubuh meski setelah melakukan pekerjaan rumah tangga atau beberapa aktivitas yang biasanya membosankan. Keseimbangan tubuh secara keseluruhan tetap terjaga 100% berkat senyawa jus bayam seperti magnesium dan folat.

Pencegahan kanker dan pengobatan asma termasuk manfaat bayam merah

Penerjemah: Maria Rosari dei Putri
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024