jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Para ibu tidak menyadari bahwa seiring bertambahnya usia, fungsi kulit juga semakin berkurang, sehingga muncul bintik hitam, kerutan dan garis halus. Belum lagi aktivitas sehari-hari yang menyebabkan Anda sering terpapar sinar matahari dan debu yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Oleh karena itu, para ibu wajib merawat kulitnya dengan menggunakan produk perawatan kulit. Ada banyak produk perawatan kulit yang bisa mencegah penuaan dini. Nah, agar Moms tidak bingung saat memilih produk perawatan kulit, berikut beberapa bahan perawatan kulit yang bisa membantu mencegah penuaan dini.

1. Retinol

Retinol adalah turunan vitamin A yang dikenal dapat meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat pergantian sel. Pada dasarnya bahan ini dapat mengencangkan kulit sekaligus membersihkan sel kulit mati penyebab tekstur kulit kasar dan tidak rata.

Bagi Anda yang baru mencoba retinol, mulailah dengan retinol konsentrasi rendah. Hal ini karena retinol dapat menyebabkan iritasi kulit, seperti kulit kering, gatal atau merah, setidaknya pada penggunaan pertama kali.

Namun, tidak semua orang mengalami gejala seperti ini. Moms bisa menemukan retinol di beberapa produk ini: Avoskin Miracle Retinol Ampoule, Retinol Skin Night Cream, dan Ortho Retinol Serum.

2. Bakuchiol

Bagi Moms yang masih takut mencoba retinol, bisa mencoba alternatif lain yaitu bakuchiol. Bakuchiol berasal dari tanaman babchi. Sebelumnya tanaman ini sering digunakan untuk obat herbal di India dan China. Karena bakuchiol berasal dari tanaman, lebih lembut dan lebih aman daripada retinol.

Dari segi manfaat, bakuchiol sebenarnya sama dengan retinol, namun cara kerjanya berbeda. Beberapa rekomendasi produk Bakuchiol untuk dicoba antara lain Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum dan Bakuchiol True To Skin Anti-Aging Serum.

3. Peptida

Peptida adalah rantai pendek asam amino yang merupakan bahan penyusun protein. Sebagian besar produk perawatan kulit yang mengandung peptida dirancang untuk merangsang kolagen. Ini penting karena kolagen bertindak sebagai jaringan ikat untuk kulit, otot, dan tulang. Tidak hanya itu, kolagen juga dapat menjaga kulit tetap halus dan kencang. Nah, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin berkurang.

Bisa dibilang peptida adalah bahan yang umum ditemukan dalam produk antipenuaan karena cenderung meningkatkan manfaat bahan antipenuaan lainnya. Moms bisa menemukan peptida dalam produk atau serum pelembab, seperti The Bath Box Peptide Probiotic Anti-Aging Facial Serum dan Glowlabs Peptide Moist.

4.Vitamin C

Bahan aktif terakhir yang dapat mencegah penuaan dini adalah vitamin C. Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk mencerahkan flek hitam di wajah. Nah, bagi ibu yang memiliki flek hitam, Anda bisa menggunakan vitamin C untuk menghilangkan flek hitam tersebut.

Namun perlu diperhatikan bahwa vitamin C merupakan zat yang tidak stabil. Jika terkena suhu tinggi, vitamin C dapat teroksidasi dan membuatnya tidak efektif. Banyak produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C, antara lain Kleveru Vitamin C 10% Ferulic Serum, Elsheskin Radiant Skin Serum, dan Something C-Riously 24K Gold Essence.

Ini adalah 4 zat yang dapat mencegah penuaan dini. Gimana nih Moms, udah gak bingung lagi, skin care anti aging mana yang harus aku pilih saat ini? (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)