MAKANAN KHAS NUSANTARA DARI NABATI

Berbicara tentang Makanan Khas Nusantara Dari Nabati tentu akan disukai bagi mereka yang suka mengkonsumsi sayur atau buah. Karena bahan makanan nabati adalah bahan-bahan makanan yang tentu berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sebut saja ada sayur-sayuran (sawi,bayam,kol,kangkung,wortel), Buah-buahan (mangga,durian,pisang,nanas) Kacang-kacangan (kedelai,kacang tanah,kacang merah,dan kacang tanah) serta Umbi-umbian (singkong,talas,dan bahan makanan seperti tempe,tahu,kecap dan minyak goreng)

Masing-masing daerah memiliki sumber bahan Makanan Khas Nusantara Dari Nabati yang berbeda-beda sebab ada tanaman yang cocok ditanam suatu daerah,ada yang tidak. Tidak cocok disini kemungkinan tidak dapat berproduksi dengan baik, tidak dapat tumbuh normal atau tidak dapat tumbuh normal atau tidak dapat tumbuh sama sekali.

Untuk daerah-daerah pegunungan yang sejuk akan mudah ditanam seperti wortel,buncis,seledri,dan tanaman buah-buahan( apel,jeruk,rambutan,dan sebagainya). Sedangkan daerah-daerah dataran rendah akan lebih mudah ditanami padi-padi , kacang-kacangan, dan berbagai umbi-umbian.

Nah jika Anda termasuk orang-orang yang menyukai makanan yang berbahan nabati terutama sayuran maka kali ini Anda akan mendapat informasi tentang Makanan Khas Nusantara Dari Nabati dari artikel kami ini. Langsung saja simak informasi dibawah ini.

1. UrapMakanan Khas Nusantara Dari Nabati (1)Makanan Khas Nusantara Dari Nabati yang pertama adalah Urap. Urap (kadang dieja urab atau disebut jamak urap-urap) adalah hidangan salad berupa sayuran yang dimasak (direbus) yang dicampur kelapa parut yang dibumbui sebagai pemberi citarasa.Urap lazim ditemukan dalam masakan Indonesia, akan tetapi jika ditelusuri, urap berasal dari khazanah masakan Jawa. Urap sama sekali tidak mengandung daging, dan dapat dimakan begitu saja sebagai makanan vegetarian atau sebagai sayuran teman nasi sebagai bagian dari hidangan lengkap. Urap biasanya merupakan syarat atau hidangan penting sebagi sayur pengiring dan pelengkap tumpeng Jawa. Urap juga lazim disajikan bersama nasi kuning.

2. AcarMakanan Khas Nusantara Dari Nabati (2)Acar juga merupakan Makanan Khas Nusantara Dari Nabati. Acar adalah jenis awetan makanan yang memakai cuka dan air garam. Biasanya yang dibuat acar adalah timun, cabai, bawang, tomat, dan sebagainya. Acar umumnya disajikan sebagai hidangan pelengkap, dimakan bersama hidangan utama. Berbagai daerah di dunia memiliki jenis varian acar sendiri.

3. Sayur Tumis Dan Sayur KuahMakanan Khas Nusantara Dari Nabati (4)Masakan satu ini juga tentu masuk daftar Makanan Khas Nusantara Dari Nabati karena dari namanya saja sudah mengandung sayur. Hampir semua jenis sayur bisa dibuat masakan sayur tumis maupun sayur berkuah dan disetiap daerah di Nusantara juga memiliki masakan sayur tumis dan sayur berkuah yang berbeda-beda yang dijadikan sebagai lauk. Sayur yang sering dijadikan masakan tumis dan juga sayur kuah adalah, kangkung, sawi, pakis, kacang panjang, bayam dll.

4. Pecel

Pecel juga merupakan makanan Makanan Khas Nusantara Dari Nabati karena merupakan masakan atau makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti, tetapi dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’ atau ‘dihancurkan dengan cara ditumbuk’.

Pecel diperkirakan berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, karena bumbu sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan yang digunakan sebagai bumbu sate Ponorogo. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan dengan campuran bahan dan tekstur bumbunya.

5. RujakMakanan Khas Nusantara Dari Nabati (3)Rujak adalah Makanan Khas Nusantara Dari Nabati karena memang bahan yang ada pada rujak tersebut terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu atau kuah. Rujak mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura dan di sana disebut “rojak”. Jenis rujak juga banyak apalagi dari berbagai wilayah di Nusantara memiliki ciri khas rujak sendiri. Sebut saja ada Rujak cingur, Rujak gobet, Rujak manis, Rujak petis Rujak soto dan Rujak tahu.

Nah gimana pecinta kuliner sudah tahu kan beberapa jenis Makanan Khas Nusantara Dari Nabati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*