MELIHAT UNIKNYA DESA DENGAN PENGHUNI YANG MEMILIKI JARI SEPERTI KEPITING

jari kepitingUnik dan langkah nampaknya patut diungkapkan setelah anda melihat jari-jari manusia yang ada di Desa Ulutaue yang terdapat di Kecamatan Mare, Bone, Sulawesi Selatan. Tidak seperti di daerah-daerah lain di desa ini seakan-akan manusia disini memiliki kekurangan fisik yang sama yang terdapat pada bentuk jari mereka. Dan hal inilah yang dianggap unik bagi sebagian orang. Kenapa jari-jari manusia di desa ini dianggap unik?

Ya di desa ini, nyaris seluruh penduduknya memiliki ‘jari-jari kepiting’. Mulai dari masyarakat yang berusia lanjut hingga anak-anak di bawah lima tahun memiliki jari-jari yang terbelah menjadi dua hingga mirip capit kepiting.

Bagi masyarakat setempat, fenomena ‘jari kepiting’ ini dianggap sebagai kutukan bagi mereka yang berasal dari garis keturunan yang sama. Namun dari sisi ilmiah, hal ini dianggap sebagai penyakit atau kelainan jari tangan dan kaki lantaran asupan gizi yang kurang sejak usia dalam kandungan.

Meski memiliki ‘keunikan’ yang terbilang langka, masyarakat Dusun Ulutaue tak pernah malu dengan warga desa lainnya.

Bahkan hal ini sudah dianggap biasa. Mereka tak pernah mengeluh walau terkadang kondisi tersebut mempersulit pekerjaan mereka sehari-hari sebagai nelayan.

Akibat keanehan pada jari-jari mereka, sebagian warga desa lain takut bergaul dengan masyarakat Desa Ulutaue. Akhirnya, kawasan ini pun menjadi terasing dan diberi julukan sebagai ‘Kampung Manusia Kepiting’ oleh masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons