8500 BOTOL BIR DIJADIKAN BAHAN BANGUNAN RUMAH

Rumah merupakan tempat tinggal bagi orang atau sebuah keluarga, bangunan ini tentunya untuk melindungi dari teriknya sinar matahari dan cucuran air hujan. Di setiap tempat bentuk bangunan rumah mungkin akan berbeda-beda termasuk juga bahan yang digunakan.

Tembok yang merupakan peran penting dalam menyanggah rumah dan membatasi skat-skat antar ruang kebanyakan terbuat dari tumpukan batu bata yang di lapisi semen, ada yang menggunakan papan, dan ada juga yang menggunakan bahan bambu anyam,dll.

Namun kini ada lagi bahan yang mungkin jarang di temukan untuk bahan bangunan dinding rumah. Ya seorang pemuda di Kota Chongqing, Tiongkok, menciptakan sebuah bangunan unik. Bangunan itu dibuat menggunakan ribuan botol bir.

Seperti dilansir Shanghaiist.com, Sabtu (27/6/2015), pemuda itu bernama Li Rongjun. Dia merupakan lulusan dari Mongolia University of Science & Technology jurusan konstruksi bangunan.

Li Rongjun total menggunakan sebanyak 8.500 botol bir untuk menciptakan bangunan seluas 29 meter persegi itu. Di dalam bangunan tersebut terdapat beberapa ruangan yang memiliki ukuran sekitar 2,8 meter.

Rencananya Li Rongjun akan menjadikan bangunan tersebut sebagai kantor untuk usahanya kelak. “Saya ingin membangun sebuah kantor menggunakan gaya artistik dan unik,” ujar dia.

“Anak saya itu cukup telaten dalam menciptakan sebuah bangunan. Kemungkinan dia akan memperluas bangunan yang dibangun menggunakan botol itu,” ujar ayah Li Rongjun.

Sementara seorang warga setempat, Li Yan, mengatakan bangunan unik yang dibuat Li Rongjun itu menyedot perhatian masyarakat. “Bangunan itu sangat indah di malam hari karena memancarkan cahaya,” ujar dia.

Sebenarnya penggunaan bahan bangun dari botol sudah banyak yang di gunakan masyarakat dan baru-baru ini di daerah Bengkulu pun akan mencoba uniknya bahan-bahan dari botol untuk kontruksi rumah. Anda berminat? Sebaiknya kumpulkan dahulu botol-botol tersebut karena jumlah tak akan sedikit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015