KREATIF, PENAMPUNGAN TUNA WISMA DI HAWAII DARI BUS-BUS BEKAS

Tunawisma juga manusia oleh karena itulah wajib bagi kita sebagai sesama manusia untuk menghargai keberadaannya terutama bagi Pemerintah juga yang harus memberikan fasilitas agar mereka tidak lagi menjadi seorang tunawisma. Banyak cara agar semua itu terwujud, seperti Pemerintahan Hawaii yang punya cara kreatif untuk memberikan kesejahteraan bagi warganya. Mereka berencana menyulap bus kota yang sudah tidak digunakan lagi menjadi penampungan untuk para tunawisma.

Dilaporkan Inhabitat, jumlah gelandangan dan pengemis di Hawaii, terutama di kota Honolulu sudah mulai mengkhawatirkan. Tingkat kejahatan pun meningkat, hingga sedikit mengganggu pariwisata Hawaii. Sempat muncul wacana untuk merelokasi para tunawisma ke pulau lain. Namun Jun Yang, Direktur Eksekutif Perumahan Kota Honolulu memiliki ide yang berbeda.

Dia ingin agar bus-bus kota di Honolulu yang sudah tidak terpakai direnovasi menjadi tempat penampungan sementara untuk para tuna wisma. Niat ini pun dijawab oleh Group 70 International, sebuah perusahaan arsitektur terkemuka.

Menurut Bored Panda, Group 70 International telah membuat rancangan khusus yang memfungsikan sejumlah bus kota bekas sebagai armada dengan aneka kegunaan. Ada yang ditujukan sebagai tempat tinggal, tempat mandi dan mencuci, serta ruang rekreasi.

Nantinya, para tuna wisma yang tidak memiliki tempat untuk bermalam atau membersihkan diri bisa memanfaatkan bus penampungan ini. Dan bus-bus ini tetap bisa berpindah lokasi sesuai kebutuhan.

Saat ini proyek bus penampungan ini tengah digarap Group 70 International bersama LIFT, sebuah kelompok relawan. Rencananya mereka akan merenovasi 1 bus dalam seminggu, total 70 bus selama musim panas. Material yang dipakai merupakan hasil sumbangan dari berbagai pihak.

Dengan bus penampungan ini, nantinya para tunawisma bisa lebih terjamin kesejahteraannya, sementara kendaraan-kendaraan yang sudah tidak digunakan bisa difungsikan kembali. Dan yang paling penting, bus penampungan ini tidak akan menghabsikan lahan.

Ide yang cukup kreatif, bukan? Menurut Anda, bagaimana jika gagasan ini diterapkan di negara kita?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015 Frontier Theme