POLISI KAWAL LIOTIN PANCAWARNA CINDERAMATA KAA KE 60 TAHUN DI BANDUNG

Panitia penyelenggara KAA 60 tahun di Bandung nampaknya tidak main-main atas cinderamata berupa cincin batu akik dan liontin yang telah di siapkan. Liontin Pancawarna yang dulunya masih berbentuk bongkahan seberat 60 kg memang dianggap suatu hal yang beharga.

Oleh karena itu Kepolisian Resor Garut, Jawa Barat, memberikan pengawalan untuk pengamanan pengiriman liontin batu akik untuk delegasi Konferensi Asia Afrika (KAA) dari Kabupaten Garut ke Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/4).

Kepala Polres Garut AKBP Arief Rachman mengatakan pengawalan dilakukan sebagai bentuk pengamanan terhadap aset negara yang harus sampai tujuan hingga diserahkan kepada para ibu negara. “Kita kawal suvenir batu akik untuk ibu-ibu negara, karena ini adalah aset negara yang harus dijaga dan sampai ke tujuan di Bandung,” kata Arief.

Ia menuturkan pengawalan batu liontin itu menggunakan mobil sedan patroli dengan standar pengamanan pengiriman bersifat VVIP. Polisi, lanjut dia, memiliki tanggung jawab untuk menjaga utuh jumlah dan keaslian batu akik yang diproduksi oleh perajin yang tergabung dalam Paguyuban Lasminingrat Gemstone Garut.

“Pengawalan ini menandakan betapa pentingnya batu ini, jangan sampai satu saja terselip atau hilang,” katanya.

Menurut dia, pemberian batu akik asli Indonesia khususnya dari Kabupaten Garut kepada delegasi KAA itu akan tercatat dalam sejarah Indonesia maupun dunia. Ia berharap batu akik yang diberikan secara gratis itu menjadi awal kebangkitan Kabupaten Garut untuk lebih dikenal tingkat internasional.

“Ini akan tecatat dalam sejarah, bahwa batu akik Lasminingrat akan dikenang,” katanya.

Ketua Paguyuban Lasminingrat Gemstone Yudi Nugraha mengatakan liontin yang sudah disiapkan untuk para ibu negara berjumlah 109 liontin yang sudah bersertifikat berikut dikemas menarik. Liontin dari batu bongkahan tanah Garut seberat 60 kg itu, kata dia, proses pembuatannya selama 10 hari mulai dari pemecahan, mengukir hingga siap diberikan.

“Proses pembuatannya 10 hari sampai pengiriman sekarang,” katanya

Selain liotin sebelumnya telah disiapkan juga batu akik berupa batu garut dan batu spirtus baturaja yang dijadikan hiasan cincin untuk kepala negara.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*