BATU AKIK ONCOM ASAL BANDUNG BARAT MULAI DIKENAL

Apakah Anda sudah mengenal batu akik yang bernama oncom? Ya Batu akik oncom yang berasal dari Bandung Barat ini memang masih begitu asing di telinga kalangan pecinta batu akik. Namun tahu kah anda bahwa batu Oncom ini sebenarnya memiliki kunikan sendiri hanya saja karena belum banyak masyarakat atau pencinta batu akik yang mengetahui kecantikan batu ini, sehingga batu ini masih tersisih dibanding batu akik yang lainnya seperti bacan, giok aceh, sungai dareh, spirtus baturaja, dll.

Dari segi usia penemuan batu akik Oncom masih terbilang muda dibandingkan batu akik alainnya. Batu ini di temukan pada tahun 2001 di Kecamatan Gununghalu tepatnya,” kata Sujatmiko, seoarang pakar geologi yang ditemui di pusat promosi batu mulia Jawa Barat, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jumat (3/4/2015).

Sujatmiko menambahkan, batu alam juga dikenal sebagai chalcedony kaligrafi. “Istimewanya kilapnya seperti cermin dan coraknya seperti kaligrafi arab,” ucapnya.

Di pasaran batu alam, lanjut Sujatmiko, akik jenis ini belum terlalu diminati. Padahal, selain memiliki motif yang manis, batu ini juga memiliki kekerasan yang cukup tinggi hingga 7 skala mohs sama seperti batu akik spirtus asal Baturaja Oku Selatan Provinsi Sumatera selasatan. Sujatmiko menjelaskan bahwa untuk kekerasan 7 mohs tentu saja sudah cukup baik karena jika dibandingkan dengan pisau baja batu akik ini justru Lebih keras dari pisau baja tersebut. Kalau pisau baja kekerasannya hanya 6 sampai 6,5 skala mohs,” jelasnya.

Terbentuknya motif oncom dan kaligrafi dalam batu tersebut, lanjut Sujatmiko, karena bercampur dengan mineral arsenik yang masuk ke dalam rekahan batu. Arsenik yang bertemu dengan mineral silika di dalam batu menjadi tidak beracun.

Dengan keindahan yang dimiliki, bukan tidak mungkin batu ini bakal menjadi salah satu primadona di kalangan kolektor. “Kalau sekarang untuk satu mata cincin bisa Rp 100.000 sampai Rp 200.000,” lanjut Sujatmiko.

Batu ini kini beangsur mulai dikenal pecinta batu akik, emang untuk ukuran harganya baru berkisar ratusan ribu, namun lambat laun bisa saja batu akik yang bernama oncom ini akan melejit, karena kualitas, corak dan kekerasan batu tak kalah dengan batu akik yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015