BOCAH 5 TAHUN TAK SENGAJA TELAN BATU AKIK

Lalai mungkin kata ini yang tepat untuk orang tua yang sibuk mengurus batu akiknya. Di Sampit, Kalteng, seorang bocah berusia lima tahun terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena menelan batu akik. Ini peringatan buat para pencinta batu akik karena ini bisa berakibat fatal bagi si bocah. Batu akik itu tertelan saat dimainkan dalam mulut Adi, nama bocah itu. Akibatnya, Adi muntah dan susah makan.

”Saat (batu akik) tertelan, dia tak bisa ngomong, bahkan matanya juga memerah,” ungkap Sri, ibu Adi, saat membawa anaknya melakukan rontgen di RSUD dr Murjani Sampit, Sabtu (21/3). Sri menjelaskan, insiden tertelannya batu akik itu berawal ketika Adi meminjam cincin bermata akik kepada kakaknya. Adi bukannya mengenakan cincin itu ke jarinya,  melainkan memainkannya dalam mulut hingga tertelan.

Mengetahui anaknya menelan batu akik, Sri sempat memberikan pertolongan dengan menepuk-nepuk punggung dan menyungsangkan Adi, namun tak juga berhasil. Beberapa jam kemudian, Sri meminta adi buang air besar. Harapannya, agar cincin yang tertelan bisa keluar. Namun, usaha itu juga sia-sia.

Menurut Sri, bukan hanya kali ini Adi menelan benda asing. Saat berumur tiga tahun, Adi juga pernah menelan uang logam Rp 500, tapi kala itu berhasil dikeluarkan. ”Mudah-mudahan batu tersebut dapat keluar setelah Adi dibawa ke dokter,” pungkas Sri.

Dari kejadian ini tentu ada pelajaran yang bisa kita ambil, kita sebagai orang tua tidak bisa menyalahkan anak karena kejadian tersebut apalagi anak tersebut masih berusia balita atau batita. Tentu mereka belum mengerti apa yang di pegang, apa yang di makan. Sepatutnya lah orang tua mengawasi anak-anak agar tidak terlalu dekat dengan kita yang sedang mengasah batu. Bukan masalah tertelan batu saja tetapi debu yang dihasilkan dari pengasahan batu tentu juga bisa merusak atau mengganggu pernafasannya.

Cukuplah Adi sang bocah yang menjadi korban tertelan batu akik, dan semoga batu akik yang tertelan bisa segera dikeluarkan dan tidak mengganggu kesehatannya. Mencari rezeki dari batu akik atau sekedar hobi jangan sampai melalaikan segala aktifitas bahkan merugikan.

Comments

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons