MOTOR YAMAHA MIO 125 CC, TEKNOLOGI BLUE CORE JADI ANDALAN

Yamaha diketahui memiliki skutik baru yang menggunakan mesin Blue Core 125 cc. Skutik baru itu telah diperkenalkan ke publik saat gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014. Motor ini, Skutik Blue Core Yamaha akan menjadi motor yang digadang-gadang menjadi kado akhir tahun dari Yamaha yang rencananya dirilis awal bulan Desember 2014. 

Waktu peluncuran Motor Yamaha Mio 125 cc ini akan berdekatan pula dengan gelaran balap satu merek Yamaha Asian Cup Race yang rencananya juga akan dihadiri dua pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo dan Pol Espargaro. Walaupun mesinnya 125cc, tapi motor yamaha mio terbaru ini diyakini tetap mengusung harga jual entry level yang terjangkau. Urusan iritnya diklaim sama dengan skutik 110cc Yamaha. Bahkan jika dibandingkan dengan skutik 110cc karburator malah bisa lebih irit hingga 50%.

Dari desainnya, head lamp ada dada lengkap dengan lampu selain dan lampu senja yang bentuknya melekuk dinamis layaknya mobil-mobil mewah terbaru. Bodinya dilabur warna hitam dengan tekstur karbon yang sepertinya bukan akan jadi warna sebenarnya jika diproduksi massal.

Yamaha menyebut pengembangan mesin baru ini membutuhkan waktu hingga lima tahun. Dalam pengujian yang dilakukan Yamaha Jepang, mesin Blue Core berkapasitas 125 cc ini memiliki konsumsi bahan bakar hingga 54 kpl.

“Development engine Blue Core membutuhkan waktu lima tahun. Kira-kira sejak 2009 mesin ini sudah mulai dikembangkan,” terang Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing di Bogor belum lama ini. Menurut Ridwan, warna biru pada logo Blue Core karena biru dikenal sebagai DNA MotoGP. “Sedangkan Core merupakan intinya teknologi,” katanya.

“Tiga tahun ke depan semua produk skutik Yamaha akan menggunakan mesin Blue Core.” timpal Mohammad Masykur, Asisten General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing di tempat yang sama. “Kali ini Yamaha tidak ingin bicara item by item, kalau sekarang kami menyebutnya menjadi satu kesatuan yakni Blue Core. Sebuah satu kesatuan konsep mesin yang menghasilkan efisiensi bahan bakar, tahan lama dan performanya bagus,” tutup Masykur.

Yamaha Mio 125

motor yamaha mio blue core (3)

motor yamaha mio blue core (4)

motor yamaha mio blue core (5)

motor yamaha mio blue core (6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons