Faktor Cuaca saat Mancing Ikan I

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, faktor cuaca akan sangat berpengaruh saat kita ingin mancing ikan di laut. Jenis ikan, hasil tangkapan akan sangat berbeda sekali. Karena itu bagi para pemancing hendaknya memperhatikan faktor cuaca ini sebelum memutuskan untuk pergi mancing ke laut.

Faktor Cuaca di atas permukaan laut

Matahari dan Bulan

Pada siang hari dan tidak ada awan, biasanya air laut akan menjadi panas. Suasana yang terik dan cahaya yang terlalu terang akan membuat ikan malas untuk naik ke permukaan. Subuh hingga menjelang pagi adalah waktu biologis dimana ikan akan keluar dan mencari makan, dengan kata lain, adanya matahari yang bersinar terik dan tanpa awan akan membuat hasil tangkapan kita menjadi lebih sedikit.
Faktor Cuaca saat Mancing Ikan I
Pada saat malam hari, ada baiknya kita pergi mancing ikan pada saat tidak ada bulan atau tidak ada sinar saama sekali. Penyebabnya adalah, sinar bulan akan menyebabkan sinar pancing memantulkan cahaya yang dikeluarkan oleh cahaya bulan sehingga terlihat seperti benda yang menyala di atas permukaan air.

Tetapi jika sasaran mancing kamu itu adalah jenis cumi atau udang, malah lebih baik dilakukan pada malam hari dan disaat ada bulan, karena hewan ini sangat tertarik kepada cahaya yang menyebabkan mereka mengumpul di permukaan laut disaat ada bulan. Itulah sebabnya mengapa nelayan p menggunakan lampu atau petromak untuk mencari ikan kecil, udang dan cumi-cumi.

Angin, Ombak dan Awan

Kecepatan angin juga mempengaruhi mancing ikan kita karena angin akan membuat ombak. Tiupan angin yang besar akan mengakibatkan ombak yang besar pula. Jika memancing di tengah teluk yang curam, saat ombak besar ikan-ikan yang lebih kecil biasanya akan menuju ke teluk, saat itu ikan-ikan besar juga ikut ke dalam teluk untuk mencari mangsa dan ini adalah momen terbaik kita untuk mancing ikan.

Disaat hujan ikan laut cenderung lebih sedikit karena atau kadar garam pada air laut berkurang disebabkan oleh banyaknya air tawar yang tersiram oleh hujan ke permukaan laut juga ditambah oleh aliran sungai tempat air tawar bermuara ke tengah laut. Akibatnya ikan laut akan lebih suka ngumpul di tengah laut hingga masuk ke dasar laut atau bersembunyi dikarang.

Updated: June 26, 2015 — 12:42 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons