KEMBALI KE MESIN TIGA SILINDER

Mas bro sudah tahu contoh mobil yang menggunakan mesin tiga silinder: Contoh mobilnya adalah: Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Karimun dan Xenia 1,000.

mesin tiga silinder mini

Ada satu lagi mobil yang sedang ngetop saat ini di Indonesia yang menggunakan mesin tiga silinder: Ford Fiesta Ecoboost.

Yang dimaksud mesin tiga silinder adalah piston di dalam mesin itu terdiri dari tiga silinder yang berfungsi untuk memompa dan menghasilkan tenaga pada mobil melalui pembakaran bahan bakar. Namun mesin tiga silinder ini mempunyai kelemahan yaitu getaran mesin atau suara mesinnya jauh lebih besar dibandingkan mesin dengan jumlah silinder yang lebih banyak. Pada tahun 1960-1988, masih banyak yang menggunakan mesin tiga silinder, dan dengan seiring perkembangan jaman, mesin tiga silinder ini mulai ditinggalkan karena produsen mobil mulai beralih ke mesin 4 silinder.

Tapi, saat ini trend mesin 3 silinder kembali lagi, apalagi setelah Ford, BMW dan MINI mampu menemukan titik terang untuk membuat mesin 3 silinder ini lebih praktis dan lebih bisa dinggakan. Contohnya saja mesin mobil Ford Fiesta Ecoboost yang hanya berkapasitas 1000 cc. Mobil ini mampu mencapai 100km dalam jangka waktu 8,3 detik saja, tentu saja ini mematahkan pendapat orang jaman dulu yang mengatakan bahwa mobil dengan mesin 3 silinder tak akan mampu tampil dengan performa yang lebih bagus. Yang paling penting adalah: mesin tiga silinder buatan mereka tidak bergetar banyak dan tidak berisik.

Selain tenaga yang kuat, emisi gas buangnya juga cukup rendah, dari hasil tes ril yang dilakukan pihak Ford, mobil ini mampu mencapai titik terendah emisi gas buang sebesar 32 mpg.

BMW dan Mini justru membuat mesin 1500 cc dengan 3 silinder saja. Ternyata mobil ini mampu mencapai 100 km per jam hanya dari waktu 2,3 detik dari titik diam. Catatan waktu tercepat tersebut, bahkan lebih baik dari mesin 1,6 liter 4 silinder yang mereka buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons