Tolak Uzbekistan, Timnas U-19 utamakan turnamen di Spanyol

Merdeka.com – Penampilan mengesankan yang ditunjukkan Timnas Indonesia U-19 dalam Tur Timur Tengah rupanya tidak lepas dari sorotan negara Asia Tengah, Uzbekistan.

dimas dan syahrul timnasUsai kembali dari Tur Timur Tengah, tim asuhan Indra Sjafri mendapat undangan dari Federasi Sepakbola Uzbekistan untuk mengikuti sebuah turnamen U-19 Agustus mendatang.
Namun undangan tersebut akhirnya ditolak Badan Tim Nasional (BTN). Pasalnya, Evan Dimas cs justru lebih memilih mengikuti turnamen internasional bertitel L"Alcudia International U-20 Football Tournament (COTIF), di Valencia, Spanyol, di waktu bersamaan.


"Kami tidak bisa hadir di Uzbekistan karena waktunya bersamaan dengan turnamen di Spanyol. Apalagi, kami lebih awal mendaftarkan diri untuk tampil di Spanyol dari pada undangan yang disampaikan pihak Uzbekistan," ujar Sekretaris BTN, Sefdin Syaifuddin.
"Selain Indonesia, Uzbekistan juga mengundang sebanyak 14 negara lainnya. Namun, mereka pasti banyak yang tidak tampil lantaran lebih memilih berlaga di COTIF," sambungnya.
COTIF sudah digelar sejak 1984 dan memunculkan beberapa pemain dunia seperti legenda Real Madrid, Raul, Mauro Icardi (Inter Milan), serta Isco (Real Madrid).
Rencananya, turnamen tersebut akan diikuti 10 tim yang terdiri dari 8 negara dan 2 klub, yakni China U-20, Jepang U-20, Chile U-20, Amerika Serikat U-20, Valencia U-20, dan Barcelona U-20.
COTIF diharapkan semakin mengasah kemampuan Timnas U-19 menyambut putaran final Piala Asia 2014 di Myanmar, Oktober mendatang, di mana Garuda Jaya ditargetkan masuk empat besar untuk lolos ke Piala Dunia U-20 tahun depan di Selandia Baru.
"Kami memang mencari turnamen lokal dan internasional supaya Timnas U-19 bisa beruji coba. Dengan begitu, para pemain bisa mendapatkan tambahan pengalaman. Pada bulan Mei, akan ada uji coba internasional di Jakarta dan Tur Nusantara tahap 2 pada Juni mendatang," pungkasnya. (esa/pra, sumber: merdeka.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons