MOBIL MOGOK

Bisa mengemudikan sebuah mobil mungkin akan sangat menyenangkan, itu artinya kita bisa berjalan-jalan sesuka kita dengan aman dan nyaman. Namun, apa yang terjadi ketika kita sedang asyik mengendari mobil kita, lalu mobil itu mogok. Mungkin banyak hal yang harus dilakukan menghadapi mobil mogok salah satunya adalah dengan memanggil mobil derek dan dibawah kebengkel terdekat.
Sebenarnya kita tak perlu panik dalam menghadapi mobil mogok, ada beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum mengambil tindak-tindakan yang akan menghabiskan waktu dan uang. Akan tetapi ada yang harus kita ketahui apa penyebab mobil bisa mogok, pertama gangguan disebabkan karena ketidakberesan pada pengapian, tanda-tandanya mobil akan tersendat-sendat terlebih dahulu lalu akan terdengar seperti letusan dari knalpot.
Penyebab mobil mogok berikutnya adalah kesalahan pada sistem bahan bakar, karena bahan bakar tak sampai ke silinder atau ruang bakar, sehingga membuat mesin langsung mati tanpa tersendat. Kasus seperti ini banyak kita temukan pada mobil berkaburator atau injeksi bahan bakar. Sedangkan mobil fuel injeksi penyebabnya akan bertambah yaitu akan ada kerusakan pada pompa bahan bakar, gejala tersendat akan muncul jika saringa bahan bakarnya kotor. Biasanya mesin mobil tidak akan mati secara mendadak dan hanya terasa pada putaran lebih tinggi.
Jika mobil anda mengalami mogok yang disebabkan oleh beberapa hal di atas, Namun anda jangan khawatir jika anda mengalami seperti waktu belakangan yakni segera melakukan tindakan-tindakan berikut ini; untuk system pengapian, lepas salah satu kabel busi dan dekatkan pada mesin dan perhatikan apakah ada loncatan bunga api dari kabel tegangan tinggi.  Bila tidak ada loncatan bunga api itu tandanya ada kerusakan pada system pengapian.
Nah untuk tahap selanjutnya adalah mengecek sampai tidaknya bahan bakar ke silinder hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yakni pada mobil berkaburator, periksa aliran bensin dengan melepas slang bahan bakar menuju karburator. Pada mobil injeksi bahan bakar, selain memeriksa slang bahan bakar menuju injector, cek bensin yang lewat nipel pada saluran bahan bakar.
Updated: February 13, 2014 — 8:38 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons