INDONESIA & THAILAND, SURGA BARU INDUSTRI OTOMOTIF DUNIA

Kini, produsen mobil memiliki surga baru di pasar yang sedang berkembang pesat di Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand. Melambatnya pertumbuhan penjualan di China melambat dan India, membuat para produdsen ini berani mengambil langkah-langkah ekspansi ke Indonesia dan Thailand.
Beragam cara baru ditawarkan seperti program mobil murah ramah lingkungan (LCGC) yang baru saja dicetuskan di Indonesia. Produsen global berharap akan ada turbocharge pertumbuhan di pasar negara berkembang Asia Tenggara ini.
Pabrikan Jepang seperti Honda, Nissan dan Toyota telah menjadi pemimpin di Asia Tenggara. Mobil-mobil murah untuk dipasarkan di Indonesia juga menarik pendatang baru dari India, Tata Motors. Sedangkan General Motors baru saja membuka kembali pabrik di Indonesia pada awal tahun ini, setelah lama absen.
Toyota dan Daihatsu adalah raja di segmen otomotif, mereka menguasai sekitar setengah dari pasar mobil Indonesia. Duo Astra ini menjadi produsen pertama yang meluncurkan mobil murah mereka. Lalu disusul Honda dan Suzuki yang juga melahirkan LCGC. 
Terbukti segmen LCGC terus menerus menunjukan tren positif penjualan di November 2013. Setidaknya, empat pabrikan yang turun di segmen ini, mencatat penjualan yang cukup signifikan.  Bahkan di bulan Nopember ini, 
  • Toyota Agya mampu terserap konsumen mencapai 6.592 unit, naik dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 5.343 unit. 
  • Daihatsu Ayla yang terjual sebanyak 5.098 unit. Pada bulan Oktober Ayla mampu terjual sebanyak 4.929 unit.  
  • Suzuki Wagon R yang terjual sebanyak 3.015 unit. Ini adalah bulan pertama Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjual Wagon R, setelah bulan sebelumnya atau di Oktober belum mencatat penjualan.
  • Honda Brio Satya. LCGC Honda ini mampu terjual sebanyak 2.110 unit, sementara di bulan sebelumnya sudah terserap sebanyak 1.320 unit.
Updated: December 16, 2013 — 5:32 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons