Yordania secara mengesankan mengalahkan Irak dan melaju ke perempat final

JAKARTA (JurnalPagi) – Jordan melaju ke babak perempat final Piala Asia AFC 2023 Qatar secara dramatis, Senin, setelah mengalahkan Irak 3-2 di Stadion Internasional Khalifa, Al Rayyan, Qatar.

Pada laga tersebut, tiga gol Yordania dicetak oleh Yazan Al-Naimat (menit 45+1), Yazan Alarab (menit 90+5), dan Nizar Mahmoud (menit 90+7), serta dua gol Irak dicetak oleh Saad Natiq (menit). . menit ke-68 dan Ayman Hossein (menit ke-78).

Kedua tim memulai pertandingan dengan kecepatan tinggi. Pada 45 menit pertama, julukan Jordan, The Chivalrous, lebih menguasai pertandingan dengan serangan-serangan yang merepotkan pertahanan Irak.

Pada menit ke-17, Jordan mendapat peluang emas. Ali Olvan menerima bola setelah penyelamatan tak tuntas kiper Jalal Hasan. Namun tendangan pemain bernomor punggung 9 itu ke arah gawang yang kosong masih melebar.

Dua menit kemudian Olvan kembali mengancam. Kali ini kerjasamanya dengan Yazan Al-Naemat berujung pada situasi berbahaya dan ia melepaskan tembakan keras. Tak ke samping, kali ini tembakannya bisa diblok Hassan.

Memasuki menit ke-26, Hasan terus menerus diganggu oleh kehidupan Olwan yang tak mampu mengeksekusi peluang emas dan harus berhadapan satu lawan satu dengan kiper Singa Mesopotamia.

Pada menit ke-35, Yazis Abulayla hampir kebobolan jika kiper Ibrahim Bayesh tidak menggagalkan tendangan jauh Ibrahim Bayesh.

Dalam pertemuan yang memasuki menit-menit kritis tersebut, Jordan akhirnya mengeksekusi tembakan dengan baik setelah Yazan Al-Naimat lolos dari kejaran bek Irak yang gagal dihentikan Hassan. Skor 1-0 bagi Jordan untuk menutup 45 menit pembukaan.

Irak kemudian menutup babak kedua dengan skor 0-1. Ahmed al-Hajjaj mengawali ancaman Irak dengan umpannya yang nyaris mencetak gol pada menit ke-48. Tujuh menit berselang, giliran Hossein Ali yang mengancam dirinya lewat sepakan kaki kanan yang bisa diblok Yazis Abolila.

Serangan Jesus Casas akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-68, di mana menyusul situasi sepak pojok, bek jangkung Saad Natiq berhasil menyundul bola melewati Yazis. Hasilnya adalah hasil imbang 1-1.

Kemudian Irak bermain lebih percaya diri. Pada menit ke-75, giliran Ayman Hussain yang mencatatkan namanya di papan skor.Usai tembakan kencangnya, Yazis kedua kalinya berhasil menjebol gawang dan membuat skor menjadi 2-1.

Itu adalah bencana bagi Irak, karena setelah gol itu mereka bermain dengan sepuluh orang dan pencetak gol Hussain menerima kartu kuning kedua untuk sang striker. Jordan pun memanfaatkan keunggulan pemainnya dengan baik. Anak didik Hossein Amota mengakhiri pertandingan dengan kemenangan dramatis setelah Yazen Alarab (menit 90+5) dan Nizar Mahmoud (menit 90+7) mencetak gol di menit-menit akhir.

Kemenangan tersebut membuat Jordan melaju ke babak perempat final menghadapi tim utama Tajikistan pada Jumat (2/2) pukul 18.30 WIB di Stadion Ahmed Bin Ali, Al Rayyan, Qatar. Sementara itu, Irak yang tampil baik di Grup D harus rela mengubur impian mereka untuk lolos lebih lanjut di Piala Asia 2023.

Tajikistan terus memberikan kejutan dengan menyingkirkan UEA melalui adu penalti
Souq Waqif yang Tetap Klasik Meski Dikelilingi Modernisasi Doha.
Timnas Indonesia tertinggal 0-2 dari Australia di babak pertama

Komposisi kedua tim:

Irak: Jalal Hassan, Hossein Ali, Saad Natiq (Ali Adnan 72 menit), Rabin Solaka, Ahmed Al Hajjaj (Merchas Doski 54 menit), Osama Rashid (Mohend Ali 63 menit), Amir Al Amari, Ebrahim Bayish, Ali Jassim Alibi, Youssef Amin (Zidan Iqbal menit 54), Ayman Hossein

pelatih: Yesus Casas

Yordania: Yazis Abulayla, Salem Aljalin, Yazan Alarab, Abdullah Naseeb, Mahmoud Al Murdi, Rajaei Eid (Saleh Rateb 90), Nizar Mahmoud, Ehsan Haddad, Ali Olwan. Musa al-Tamari, Yazan al-Naamat

pelatih: Houcine Ammouta.

Koresponden: Zaro Azza Siachenyar
Redaktur: Dadan Ramdani
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *