jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Beberapa waktu lalu, Yayasan WINGS Peduli menggelar program aksi hijau dengan melakukan penanaman ratusan pohon mangrove bersama puluhan karyawan WINGS Group dan Organisasi Perlindungan Hutan di kawasan ekoregion mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK).

Kami mengucapkan terima kasih kepada WINGS Cares Foundation atas dukungan dan kerjasamanya. “Ini banyak manfaatnya bagi lingkungan,” kata Flora Mangrove Djuhana, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH), dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen WINGS untuk peduli terhadap lingkungan demi menjaga kelestarian alam dan keanekaragaman hayati. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini.

Selain itu, pohon bakau berperan penting dalam merehabilitasi lahan terdegradasi di Teluk Jakarta serta menjaga kualitas iklim sekitar.

Kawasan Panjam Gandeng KLHK Tingkatkan Ekowisata Mangrove.

Kawasan Mangrove Lupong di Bolukumba Jadi Objek Penelitian

Mangrove dapat mendukung berbagai ekosistem di sekitarnya seperti terumbu karang, padang lamun, serta hamparan lumpur dan pasir. Selain itu, mangrove juga mampu melindungi pantai dari erosi dan intrusi air laut.

Hutan bakau di Indonesia adalah salah satu hutan paling kaya karbon di dunia yang mampu bertahan dari perubahan iklim dan sudah menjadi masalah bagi populasi dunia (karena jumlahnya mulai berkurang),” kata Miftachor Rubani, direktur pelaksana Perlindungan Hutan. ) .

Dalam program aksi hijau ini, Yayasan WINGS Peduli menanam 500 pohon mangrove bersama puluhan karyawan WINGS Group. Pasca penanaman, Yayasan WINGS Peduli bersama Lindungi Hutan akan menjaga pohon bakau di sekitar zona eko bakau Pantai Indah Kapuk (PIK).

Mulai dari penanaman kembali atau penggantian pohon bakau yang mati dengan bibit baru, serta penyiangan atau penyingkiran tanaman liar yang mengganggu pertumbuhan bakau.

Inisiatif ini merupakan bagian dari tanggung jawab WINGS untuk menjadikan lingkungan sebagai tempat yang nyaman bagi generasi mendatang. Green action berupa penanaman pohon mangrove merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan oleh berbagai pihak.

Pada tahun 2023, Yayasan WINGS Peduli akan mendukung program net zero carbon yang diselenggarakan oleh BPOM dengan melakukan penanaman ratusan pohon mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk bersama lembaga swasta lainnya.

Berau Kenalkan Ekowisata Mangrove di Teluk Semanting Kalimantan Timur

Saskia, Perempuan ‘Pejuang’ Mangrove dari Lantbang

Kawasan Ekologi Habitat Burung Belkok Dapat 15.000 Anakan Pohon Bakau

Koresponden: Winnie Shofa Salma
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024