jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Waman Cominfo) Nezar Patria menjelaskan berbagai penerapan kecerdasan buatan.Kecerdasan buatan/AI) dalam bisnis media massa.

Dalam diskusi bertajuk “Pers, Demokrasi Digital, dan Kecerdasan Buatan Etis” di Jakarta, Dushanbe, ia mengatakan kecerdasan buatan dapat digunakan antara lain dalam menghasilkan konten berita dan mengatur distribusi konten berdasarkan kebutuhan masyarakat.

“Pertama ada untuk pengumpulan beritaJadi tugas mengumpulkan informasi bukan lagi dilakukan oleh pelapor, tapi dia (AI) mengumpulkan informasi menggunakan sumber internet karena sekarang hanya itu yang ada. Itu terhubung dengan baikujar Nizar.

Menurut Nizar, kecerdasan buatan dapat digunakan dalam pengumpulan informasi karena tingkat kebenaran sebenarnya mencapai 80%.

Dengan kemampuan mempelajari bahasa yang dikenal luas namanya Model bahasa besar Kecerdasan buatan juga bisa digunakan untuk menghasilkan berita, katanya (LLM).

“Orang mungkin menganggapnya ChatGPT. Kita lihat sendiri, kecerdasannya semakin lama semakin baik. Kemampuannya hampir mirip manusia dalam membuat narasi, artikel, cerita, bahkan berita,” ujarnya.

Regulasi AI Penting untuk Melindungi Hak Cipta Media

Kecerdasan buatan telah digunakan sebagai alat untuk mendistribusikan berita dari ruang redaksi kepada audiens yang tepat karena dapat mempersonalisasi konten atau menyesuaikan konten sesuai dengan preferensi pengguna media sosial, kata Nezar.

Menurut dia, media massa yang telah menggunakan teknologi tersebut antara lain Wall Street Journal. Dalam hal ini, pengelola media massa menggunakan kecerdasan buatan untuk menghitung distribusi konten untuk target pembaca tertentu guna mendorong pembaca berbagi konten premium.

“Penemuan ini akan terus berkembang dan memperkuat, terutama pada proses produksi, pengumpulan, dan distribusi berita yang sedang berlangsung,” kata Nezar.

Oleh karena itu, ia mengajak perusahaan media massa di Indonesia menjajaki kemungkinan penggunaan kecerdasan buatan dalam aktivitas bisnis tanpa melanggar etika.

Menkominfo bagikan empat tips agar media bisa bertahan dalam menghadapi tren kecerdasan buatan.
WordPress Luncurkan Fitur AI Assistant Untuk Membantu Anda Menulis Artikel

Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024