Wali Kota Jakarta Selatan meminta Gakomdu bertindak lebih tegas dalam menangani pelanggaran pemilu

JAKARTA (JurnalPagi) – Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin meminta kesatuan pusat penegakan hukum (Gakkumdo) yang beranggotakan unsur Bawaselo, kepolisian, dan kejaksaan untuk lebih kuat dan mengedepankan kerja sama dalam menangani pelanggaran Pemilu 2024.

“Saya ingin lebih banyak kekuatan untuk menangani (kecurangan pemilu),” kata Monjirin saat meresmikan fasilitas dan pembinaan penanganan penyimpangan yang diselenggarakan Bawaselo Jakarta Selatan sebagai “Rapat Koordinasi Sentra Gakkomdu” di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, kekuatan dan kerja sama ketiga unsur di Sentra Gakomdu Jakarta Selatan (Jaxel) dapat mempercepat penanganan pelanggaran pemilu berdasarkan pengaduan masyarakat. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum dalam pemilu dapat meningkat.

“Oleh karena itu, jika tertunda atau terbengkalai selama beberapa waktu, dapat mempengaruhi kewibawaan penyelenggaraan pemilu. Ini akan dipertanyakan,” ujarnya.

Permintaan Wali Kota Bavaslu Intensifkan Latihan Cegah Pelanggaran Pilkada

Komisioner Bavaslu Peringatkan Masa Penutupan Rawan Disalahgunakan

Munjirin berharap Rakor Gakomdu Pusat menjadi awal membangun kekuatan dan kerjasama antar pihak di dalamnya.

Ia mengatakan, “Kami berharap kegiatan hari ini mengawali semua ini agar Gakomdu Korea Selatan semakin kuat dan (hasil penanganan pelanggaran pemilu) dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat.”

Abdul Salam, Anggota Bawaslu Jakarta Selatan, mengatakan tujuan pertemuan itu untuk mengkoordinasikan, menyatukan persepsi, dan mensinkronkan gerak dan langkah ketiga unsur di Gakomdu Center.

Halo, “Tujuan dari acara ini adalah untuk menyatukan persepsi, menyamakan gerak dan langkah antara tiga unsur di Sentra Gakomdu, yaitu pemantau pemilu dari Bawaslu, rekan penyidik ​​dari kepolisian dan penuntut umum dari Kejaksaan Agung.” dikatakan.

Ia juga mengatakan, Sentra Gakomdu Jakarta Selatan berkomitmen untuk menyelenggarakan pemilu 2024 dengan baik dan mengawal seluruh proses pemilu secara profesional dan benar.

Bawaslu Jaksel Buka Meja Layanan Pemantauan Pemilu 2024

Koresponden: Terry Milani Ameli
Editor: Seri Moriono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.