Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika menawarkan strategi untuk mengatasi kekacauan informasi

Jakarta (JurnalPagi) – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Waman Kominfo) Nizar Patria mengutarakan pentingnya strategi komunikasi publik dalam upaya mengatasi kisruh informasi.

saat membuka Serangkaian lokakarya komunikasi strategis internasional Pada Selasa (5/3) di Jakarta, Nizar menekankan potensi kekacauan informasi akibat penyebaran misinformasi, misinformasi, dan misinformasi seiring dengan perkembangan teknologi digital dan penggunaan media digital.

Mengutip siaran pers Kementerian di Jakarta, Rabu, Nizar mengatakan pemerintah dapat mengatasi kisruh informasi dengan menerapkan strategi kehumasan yang tepat.

Ia mencontohkan dalam hal ini Layanan komunikasi pemerintah internasional (GCSI) Inggris menerapkan kerangka komunikasi RESIST, yang menekankan pengukuran efektivitas komunikasi strategis.

Kerangka tersebut terdiri dari enam langkah, yaitu misinformasi dan pengenalan disinformasi, peringatan dini, kesadaran situasional, analisis dampak, komunikasi strategis, dan manajemen efektivitas.

“Saat saya berkunjung ke Inggris beberapa waktu lalu, pemerintah Inggris mengenalkan saya pada RESIST, strategi mereka dalam menghadapi kekacauan informasi,” kata Nizar.

Ia menambahkan: Terinspirasi oleh kerangka kerja ini, saya ingin menerapkan pendekatan serupa di Indonesia, dan lokakarya hari ini adalah langkah pertama dalam penerapannya.

Ia juga mengungkapkan pentingnya masyarakat memahami tanggung jawab mereka untuk memastikan validitas informasi sebelum membagikannya ke platform digital.

“Masyarakat yang terinformasi sangat penting bagi stabilitas demokrasi kita dan merupakan tanggung jawab setiap orang untuk memastikan validitas informasi sebelum membagikannya ke platform digital,” ujarnya.

Perintah Menkominfo Bangun Pusat Komando Komunikasi Publik
Kementerian Komunikasi dan Informatika siapkan infrastruktur komunikasi dan publik untuk mendukung WWF

Koresponden: Harilvita Dharma Shanti
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *