Uzbekistan melaju ke perempat final dengan mengalahkan Thailand 2-1

Jakarta (JurnalPagi) – Uzbekistan melaju ke perempat final Piala Asia AFC 2023 pada Selasa setelah mengalahkan Thailand 2-1 pada babak 16 besar Piala Asia AFC 2023 di Stadion Janub, Al Wakrah.

Menurut laman resmi AFC, negara Asia Tengah ini akan berhadapan dengan tuan rumah sekaligus juara bertahan, Qatar, di babak selanjutnya.

Uzbekistan diharapkan menjadi kuda hitam perebutan gelar dan mereka membuka keunggulan melalui gol Azizbek Turgunboev. Thailand menyamakan kedudukan di awal babak kedua melalui pemain pengganti Supachuk Sarachat, sebelum Uzbekistan melaju ke perempat final dengan gol telat dari Abu Sabak Fazalweiz.

Thailand adalah tim yang diunggulkan, tetapi mereka belum kebobolan satu gol pun dalam tiga pertandingan di babak penyisihan grup dan menempati posisi kedua di grup mereka.

Auston Oronov mendapat tiga peluang menjebol pertahanan Thailand di 25 menit awal, dan kemudian kiper Thailand Petiwat Khamai mampu menggagalkan upaya Jalouddin Masharipov.

Perlahan, Uzbekistan berhasil menguasai permainan dan kemudian membuka keunggulan pada menit ke-37. Turgunboev memblok bola dengan dadanya di kotak penalti dan melepaskan tembakan di antara kaki kiper Patiwat.

Ini adalah gol kedua Turgubov di Piala Asia.

Timnas Palestina terhenti di babak 16 besar usai kalah 1-2 melawan Qatar.

Pelatih kepala Thailand Ishi Masatada melakukan dua pergantian pemain di babak ini, memasukkan Sopanath Muenta dan Supachuk. Keputusan ini dicetak pada menit ke-58.

Sopachuk bertukar umpan dengan Sopachay Chaid sebelum menembakkan bola ke sudut bawah dari luar kotak penalti.

Pertandingan tersebut tidak bertahan lama karena Uzbekistan kembali unggul pada menit ke-65. Faizolaif masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan melewati kaki bek Thailand itu hingga masuk ke pojok bawah gawang.

Bek tengah Elias Dola punya peluang terbaik Thailand untuk menyamakan kedudukan untuk kedua kalinya, namun sundulan pemain Bali United itu masih melebar dari mistar gawang Uzbekistan.

Daftar pemain:

Uzbekistan: Utkir Yusupov, Abdul Kudir Khosanov, O. Shmuradov, Rostam Ashurmatov, Azizbek Turgonbayev, Khmrubkov, Divor Khilmatov, Farrukh Sayif, Uston Oronov, Jaluluddin Masharipov, Abusbek Faizolayev

Pelatih: Strecko Katanec

Thailand: Pathiwat Khamai, N Mickelson, Elias Dola, P Hemwibon, T Bunmthan, Viratep Pomphan, Pomchantoek, Sarach Yuen, Verachit Kanitsrebampen, Pathumpel Charoenrathanapirom, Supachai Chaid.

Pelatih: Matasada Ishii

Jordan melaju ke perempat final dengan kekalahan impresif Irak

Tajikistan terus memberikan kejutan dengan menyingkirkan UEA melalui adu penalti

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Redaktur: Hernavan Vahiodono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *