Upaya melestarikan nikmatnya masakan tradisional bisa dimulai dari rumah

Jakarta (JurnalPagi) – Sejarawan makanan Fazli Rahman mengatakan upaya melestarikan masakan tradisional Indonesia bisa dimulai dari rumah, termasuk dengan menanam tanaman rempah-rempah di sekitar rumah.

Guru Besar Universitas Padjadjaran Bandung mengatakan, “Membudidayakan apa yang kita mampu, misalnya tanaman rempah-rempah, tanaman pangan yang bisa kita tanam di sekitar rumah. Ini yang bisa kita perkenalkan terlebih dahulu kepada anggota keluarga di rumah, anak-anak kita, atau kita. anak-anak. ” Jakarta, Sabtu.

Berbicara pada festival kuliner Indonesia, ia menyatakan bahwa bumbu-bumbu yang biasa digunakan dalam masakan tradisional Indonesia bisa dikenalkan kepada anggota keluarga di rumah.

Selain itu, orang tua juga bisa mengajak anaknya melihat langsung di mana tanaman rempah-rempah ditanam dan proses pembuatan makanan tradisionalnya.

“Ini akan menjadi awal bagaimana apa yang kita konsumsi, apa yang tersaji di meja makan, melalui proses yang sangat panjang dari hulu ke hilir, tidak seperti yang terjadi di masyarakat kita saat ini,” ujarnya. anehnya

Festival Jajanan Pasar Sur Pring Promosikan Makanan Tradisional

Fazeli mengatakan: “Berkembangnya industri makanan cepat saji menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat kurang memahami proses penyajian makanan dari bahan mentah hingga makanan.”

Memang benar, transfer pengetahuan tentang rangkaian proses penyiapan makanan tradisional menjadi penting dalam upaya melestarikan masakan tradisional Indonesia.

Fadly berharap dengan diadakannya acara kuliner Indonesia ini dapat mendorong masyarakat untuk memperkenalkan makanan lokal kepada lingkungan sekitar dan mempelajari sejarah kuliner Indonesia.

Bercerita Hal ini penting dalam mengenalkan pangan lokal kepada generasi mendatang, masa kini dan masa depan, sehingga dengan mengenalkan kekayaan alam, budaya dan komunikasi, mereka semakin mengetahui bahwa pangan tersebut mempunyai nilai sejarah yang patut dilestarikan. Fazli Rahman mengatakan: JurnalPagi nikmatnya memasak dengan alam dan budaya.

Resep Asli Daerah Bisa Bantu Selamatkan Lingkungan
Pusaka Rasa Nusantara Gelar Festival Pelestarian Resep Tradisional

Koresponden: Fitrah Asy’ari
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *