Untuk mendukung percepatan kendaraan listrik, PLN Jakarta menambah 43 SPKLU

JAKARTA (JurnalPagi) – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Distribusi Utama Jakarta akan menambah 43 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) pada tahun 2023 sebagai upaya mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran di Jakarta mengatakan, Kamis, “Saat ini terdapat 79 SPKLU yang tersebar di 48 lokasi di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut dia, total infrastruktur pendukung kendaraan listrik di Jakarta secara umum akan bertambah pada tahun 2023, antara lain stasiun SPKLU, stasiun pengisian baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU), dan stasiun pengisian listrik umum (SPLU).

“Jumlah SPKLU, SPBKLU, dan SPLU totalnya meningkat 17 persen dibandingkan tahun sebelumnya (2022), dari 2.866 unit menjadi 3.347 unit. Semuanya tersebar di wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya,” ujarnya.

DKI dan PLN Tanam 2.324 Pohon di Sepanjang Sungai Mukruart.

Percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik merupakan komitmen PLN untuk mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mobilisasi berkelanjutan untuk mentransformasikan Jakarta menjadi kota global, ujarnya.

“Kami mendukung Pemprov DKI menjadikan Jakarta kota global dengan menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik yang mumpuni,” kata Lesiran.

SPKLU dirancang untuk memberikan akses yang mudah dan cepat bagi pemilik kendaraan listrik untuk mengisi daya kendaraannya di tempat umum, sehingga mobilitas berkelanjutan menjadi lebih terjangkau dan praktis.

Penyediaan SPLU yang lebih luas juga menjadi fokus utama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung penggunaan energi listrik ramah lingkungan di Jakarta. Jumlah SPLU di wilayah Jakarta saat ini sebanyak 3263 unit.

SPLU ini ditempatkan secara strategis untuk memastikan masyarakat memiliki akses mudah untuk mengisi daya kendaraan listrik dan perangkat elektronik lainnya guna mendukung perubahan positif pola konsumsi energi.

Bawaslu Izinkan PLN dan Jasa Marga Hapus File APK di Fasilitasnya

SPBKLU juga tengah berupaya membangun infrastruktur pendukung kendaraan listrik, khususnya roda dua. Saat ini PLN UID Jakarta Raya telah menyediakan 43 lemari di seluruh wilayah Jabudtabak, ujarnya.

Dengan SPBKLU, pengguna kendaraan listrik dapat mengganti aki sepeda motor listrik dengan mudah dan aman sehingga meningkatkan fleksibilitas pengguna.

Dia menambahkan: Banyak orang telah beralih ke mobil listrik. Oleh karena itu, PLN mengajak bersama pemerintah
Dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan, masyarakat Jakarta membantu menciptakan kota yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan.

“PLN siap membangun dan menyiapkan fasilitas bagi pengemudi kendaraan listrik. Baik menambah SPKLU, SPBKLU, atau SPLU,” kata Lasiran.

Koresponden: Saiful Hakim
Editor: Seri Moriono
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *