Untuk memperkuat layanan akses Internet, APJII, ZTE dan DCI bekerja sama

JAKARTA (JurnalPagi) – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bekerja sama dengan ZTE Telecom Technology Company meluncurkan Indonesia Internet Exchange Node (IIX) di Indonesia Data Center Platform (DCI) untuk menggenjot layanan internet.

Dengan konsep dan topologi yang diusulkan, Node IIX menjadi node redundansi dan dapat mengurangi risiko single point of failure (SPOF) yang dapat mencegah gangguan Internet skala besar. Kedepannya, APJII juga dapat meningkatkan pelayanan khususnya stabilitas akses internet bagi pengguna internet di Indonesia.

Sementara itu, tercatat sejak awal DCI, penyedia data center belum pernah mengalami hal seperti ini. Server sedang downtermasuk saat listrik padam shutdown Di Pulau Jawa tahun 2019.

Dalam sambutannya di Data DCI Indonesia, Presiden APJII Mohammad Aref mengatakan: “Simpul III adalah kebijakan baru di APJII, bagaimana APJII ingin meningkatkan kapasitas IIX-nya. Saya berharap kerja sama ini berjalan dengan baik karena menurut saya konsep ini sudah hampir sempurna.” Gedung Pusat, Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Menkominfo ajak pemerintah daerah bantu percepat pemerataan akses internet.

Sementara itu, Vice President DCI Indonesia Marco Cioffi mengatakan hal yang sama. Menurutnya, perkembangan data center di Indonesia saat ini sedang berkembang pesat.

10 tahun yang lalu, mungkin tidak banyak orang yang membutuhkannya Pusat Informasi Indonesia, tapi lima tahun lalu, DCI membangun tiga batang Pusat Informasi Kata Marco dan semuanya terisi penuh.

Di sisi lain, kerja sama ini juga sejalan dengan salah satu program prioritas pemerintah untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia. Ini karena Node IIX merupakan elemen penting dalam ekosistem infrastruktur Internet.

Kehadiran Node IIX di DCI juga diharapkan dapat mengakselerasi perkembangan ekonomi digital serta pemerataan pembangunan infrastruktur digital di Indonesia dengan dukungan fasilitas teknologi kelas dunia DCI.

Kemenkominfo: Semua Orang Butuh Internet

APJII Dukung Percepatan Transformasi Digital Indonesia Melalui DTI-CX

APJII Sebut Indonesia Butuh Ketahanan Internet

Koresponden: Pamela Sakina
Editor: Satyagraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *