Untuk melindungi pengguna, WhatsApp membatasi tangkapan layar gambar profil

Jakarta (JurnalPagi) – Aplikasi pesan instan WhatsApp sedang menguji pembatasan tangkapan layar di foto profil pengguna untuk lebih melindungi privasi pengguna.

Fitur ini disediakan untuk mencegah pencurian identitas pengguna tertentu oleh kontak yang tidak sah.

Dalam laporan Phone Arena, Rabu (21/2), fitur tersebut pertama kali diungkap WABetaInfo yang menemukan hambatannya. Tangkapan layar Di Android Beta versi 2.24.4.25.

Kehadiran fitur tersebut saat ini masih terbatas pada beberapa pengguna beta terpilih dan baru akan diluncurkan lebih luas dalam beberapa minggu mendatang.

WhatsApp Menyinkronkan Kunci Obrolan di Seluruh Perangkat

9 Cara Memastikan Anda Mengirim Pesan WhatsApp Lebih Aman

Dengan adanya perubahan ini, ketika seseorang mencoba mengambil tangkapan layar dari gambar profil kontak, layar hitam muncul dengan pemberitahuan yang mengatakan, “Tidak dapat mengambil tangkapan layar karena pembatasan aplikasi.”

Pembaruan ini bisa dikatakan berdasarkan peraturan yang diterapkan WhatsApp lima tahun lalu.

Syarat yang dimaksud adalah mencegah pengunduhan gambar tanpa izin dengan menghilangkan kemungkinan menyimpan langsung gambar profil pengguna lain.

Meski fitur ini memang sangat bagus, namun ternyata masih belum cukup untuk mencegah beberapa pengguna yang tidak bertanggung jawab mencuri identitas atau menyimpan gambar profil pengguna aslinya.

Beberapa orang mengatasi masalah ini dengan cara mengambil screenshot gambar profil tersebut dan akhirnya gambar profil tersebut dapat disimpan atau bahkan langsung dieksploitasi.

Tampaknya fitur pembatasan screenshot menjadi jawaban baru dari WhatsApp untuk mengatasi cara tersebut.

Jika fitur ini tersedia secara luas, maka akan menjadi solusi bagi pengguna yang ingin lebih mengontrol privasinya, termasuk dalam hal ini keamanan identitas foto profilnya.

Namun pengguna sebaiknya menunggu dan bersabar hingga proses pengujian program beta menunjukkan hasil yang baik.

WhatsApp Luncurkan Fitur ‘Pin Pesan’ yang Memungkinkan Pengguna Menyematkan Pesan

Penerjemah: Livia Cristianti
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *