Twitch memungkinkan streamer untuk menyiarkan di berbagai layanan

Jakarta (JurnalPagi) – Twitch kini memungkinkan kreatornya melakukan live streaming di berbagai platform secara bersamaan, demikian diumumkan perusahaan pada Jumat (20/10) dalam rangkaian berita besar dari TwitchCon.

Sebelumnya, streamer hanya dapat melakukan streaming secara simultan di platform seluler seperti TikTok dan Instagram, namun pada hari Jumat, Twitch memperluas secara signifikan bahwa streamer dapat melakukan streaming secara bersamaan, asalkan streamer tidak memiliki perjanjian eksklusif dengan Twitch.

Baru-baru ini, beberapa streamer Twitch mulai menjajaki opsi di platform lain. Nama-nama besar seperti xQc, Amouranth, dan Nickmercs telah menandatangani kesepakatan besar dengan pesaing Twitch, Kick, tahun ini.

Kesepakatan xQc dan Nickmercs bersifat non-eksklusif, dan mengingat Amouranth memiliki video dari beberapa bulan lalu di akun Twitch-nya, sepertinya kesepakatannya juga non-eksklusif.

YouTube Luncurkan Fitur Baru ‘Go Live Together’

Ada pedoman untuk kebijakan siaran langsung Twitch yang baru. Streamer harus memastikan bahwa kualitas streaming mereka di Twitch tidak kalah dengan pengalaman yang tersedia di platform atau layanan lain.

Streamer “tidak boleh” membagikan tautan komunitas Twitch mereka untuk disiarkan secara bersamaan di platform lain.

Penyiar juga tidak dapat menggunakan layanan pihak ketiga untuk menggabungkan percakapan lintas platform.

Twitch mengatakan akan menambahkan alat di masa depan untuk memungkinkan streamer menunjukkan bahwa mereka sedang melakukan siaran secara bersamaan.

Twitch juga mengumumkan pembaruan besar pada kebijakan perilaku di luar layanannya.

“Untuk lebih melindungi streamer kami, kami menambahkan doxxing dan swatting ke dalam daftar perilaku di luar layanan yang akan kami terapkan,” kata perusahaan itu. Dan perubahan ini diterapkan pada hari Jumat.

Situs Layanan Video Twitch Diblokir di China

Penambahan dox ke dalam kebijakan tersebut menyusul kontroversi baru-baru ini di mana YouTuber Jacksfilms menuduh SSSniperWolf melakukan dox padanya di Instagram Stories. Pada hari Jumat, YouTube mengumumkan untuk sementara waktu membatalkan monetisasi saluran SSSniperWolf, dan SSSniperWolf memposting permintaan maaf di Platform X.

Twitch juga mengungkapkan beberapa perubahan produk. Bintang Tamu, yang memungkinkan streamer untuk mengadakan streaming bersama dengan orang lain, diganti namanya menjadi Stream Together dan mendapatkan fitur seperti kemampuan untuk bergabung dalam percakapan.

Twitch mengatakan versi Discovery Feed bergaya TikTok yang menampilkan saluran langsung sedang dalam pengujian, dan sistem notifikasi Twitch, seperti Subscribers dan Donations Bits, akan mendukung emotikon animasi khusus streamer “segera”. Demikian dikutip dari The Verge, Sabtu (21/10).

YouTube berencana memperluas layanan streaming videonya

Penerjemah: Fetor Rochman
Redaktur : Siti Zulikha