jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Pelatih kepala Bayern Munich Thomas Tuchel pada Jumat menegaskan bahwa dia tidak sepenuhnya bertanggung jawab atas kinerja buruk tim Bavaria itu.

Ia yakin keputusan manajemen klub untuk berpisah dengannya di akhir musim memberinya kebebasan lebih dalam mengambil keputusan di sisa musim.

Bayern pekan ini memutuskan berpisah dengan Tuchel di akhir musim, meski kontrak sang manajer masih berlaku hingga 2025. Keputusan itu diambil setelah Bayern menderita tiga kekalahan beruntun di semua kompetisi.

Raksasa Bayern yang memenangi 11 gelar liga terakhirnya berada di urutan kedua klasemen Bundesliga. Mereka tertinggal delapan poin dari pemimpin klasemen Bayer Leverkusen, yang mereka kalahkan 3-0 pada 10 Februari.

“Tidak masalah apakah saya memahami keputusan klub atau apakah saya senang dengan itu,” kata Tuchel pada konferensi pers menjelang pertandingan hari Sabtu melawan Leipzig.

“Satu-satunya hal yang penting saat ini adalah kejelasan. Kejelasan membawa kebebasan dan itu bagus untuk pertandingan dan latihan,” lanjut Tuchel seperti dikutip ESPN, Jumat.

Thomas Tuchel mengumumkan akan meninggalkan Bayern Munich pada akhir musim

Ia menyatakan bahwa kebebasan memberikan kebebasan bagi para pendidik untuk bertindak karena mereka tidak perlu peduli dengan akibat jangka panjang dari tindakannya.

Tuchel diperkirakan akan menggantikan Julian Nagelsmann pada Maret 2023, tetapi mengalami awal yang buruk ketika Bayern tersingkir dari Piala Jerman dan Liga Champions dan memastikan gelar Bundesliga pada pertandingan terakhir musim lalu.

Mereka tetap tidak dapat diprediksi musim ini, tersingkir dari Piala Jerman setelah kalah dari tim divisi tiga Saarbrucken.

Mereka juga tertinggal 0-1 di babak 16 besar Liga Champions setelah kalah di kandang sendiri dari Lazio pada leg pertama pekan lalu.

Kekalahan tandang 3-2 dari VfL Bochum pada hari Minggu hanya membuat hati Tuchel semakin lega.

“Saya rasa bukan saya satu-satunya masalah, tapi saya mengambil tanggung jawab. Saya tidak senang dengan cara saya bermain dan saya tidak bahagia untuk sementara waktu,” kata Tuchel.

Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso, yang bermain untuk Munich dari 2014 hingga 2017, akan menggantikan Tuchel.

Tuchel: Kekalahan dari Bochum Bukan Hasil yang Adil
Xabi Alonso bungkam soal kans melatih Liverpool atau Bayern.

Koresponden: Jafar M. Siddique
Redaktur: Ervan Sohairondi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024