Tuan rumah Qatar melaju ke semifinal setelah mengalahkan Uzbekistan melalui adu penalti

Jakarta (JurnalPagi) – Timnas Qatar menjadi tim terkini yang mengamankan satu tempat di babak semifinal Piala Asia AFC 2023 setelah menang adu penalti melawan Uzbekistan di Stadion Al-Beit, Sabtu malam (2/03) WIB.

Kedua tim bermain imbang 1-1 setelah 90 menit plus dua kali perpanjangan waktu. Qatar memimpin melalui gol bunuh diri Atkir Yusupov, dan Uzbekistan menyamakan kedudukan melalui gol Odilion Khromubkov.

Pada akhirnya, tim tuan rumah menang 3-2 lewat adu penalti.

Dengan kemenangan ini, Qatar akan menghadapi Iran di babak selanjutnya yang melaju ke babak semifinal dengan mengalahkan Jepang.

Pertandingan ini berlangsung intens sejak awal. Sebagai tuan rumah, Qatar langsung memberikan tekanan ke pertahanan lawan.

Qatar Tanpa Tekanan untuk Mempertahankan Gelar Piala Asia

Upaya Qatar akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-27. Hassan al-Haidos mengirimkan umpan silang dari sudut sempit, bola kemudian membentur bek Uzbekistan dan mengarah ke kiper Utkir Yusufov yang gagal menghalau bola. Hasilnya 1-0.

Tertinggal satu gol, Uzbekistan coba membalas dan mengancam gawang Qatar. Namun skor tetap bertahan 1-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Uzbekistan langsung tancap gas bahkan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-59. Udiljun Khamrubkov sukses menembus pertahanan Qatar dan melepaskan tembakan yang berujung gol. Qatar 1-1 Uzbekistan

Tidak ada gol yang tercipta di babak kedua. Pertandingan harus dilanjutkan hingga perpanjangan waktu.

Qatar hampir memenangkan pertandingan di perpanjangan waktu. Upaya Akram Afif membentur tiang, namun bola masih agak jauh dari gawang.

Uzbekistan akan mengawali Piala Asia 2023 dengan hasil imbang melawan Suriah

Segera setelah itu, Uzbekistan melancarkan serangan. Shakhboz Umarov menembakkan bola dengan selisih kecil dan keluar dari samping gawang.

Selama pertandingan dimainkan dalam waktu normal, tidak ada pemenang. Alhasil, duel berlanjut selama 2 x 15 menit.

Pertandingan berjalan sangat sulit di perpanjangan waktu. Meski memiliki beberapa peluang bagus, kedua tim gagal mencetak gol dan pemenang harus ditentukan melalui adu penalti.

Qatar menang 3-2 lewat adu penalti. Qatar mendapat tekanan setelah dua penembaknya gagal, karena dua penembak terakhir Uzbekistan gagal mencetak gol.

Maka Qatar muncul sebagai pemenang. Mereka menang adu penalti 3-2 melawan Uzbekistan.

Gol Penalti Iran di Perpanjangan Waktu Menyingkirkan Jepang dari Piala Asia
Korea Selatan Butuh Waktu Tambahan untuk Kalahkan Australia 2-1

Redaktur: Junidi Soswanto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *