Tren Perawatan Kulit Hormonal yang Diperkirakan Akan Populer di Tahun 2024 Yang Harus Anda Perhatikan Agar Kulit Tetap Sehat!

INDOZONE.ID – Selain fashion, cara perawatan kulit juga cukup menjadi pertanyaan banyak orang setelah memasuki tahun baru. Nah, di tahun 2024 ini tren perawatan kulit yang diprediksi akan populer adalah terapi hormon.

Perawatan kulit yang memperhatikan aspek hormonal sering kali melibatkan pendekatan holistik yang mencakup perubahan kebiasaan gaya hidup, perawatan kulit eksternal, dan terkadang, bantuan dari ahli kebersihan atau kecantikan.

Selain itu, perawatan kulit hormonal juga mengacu pada perawatan kulit yang memperhatikan dan merespon perubahan hormonal dalam tubuh.

Hormon berperan penting dalam kesehatan dan penampilan kulit, dan perubahan hormonal yang terjadi saat menstruasi, kehamilan, menopause atau beberapa kondisi hormonal dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Apa itu perawatan kulit hormonal?

Gambar seorang gadis menggunakan perawatan kulit untuk perawatan kulit (Freepik/pikisuperstar)

Produk perawatan kulit hormonal merupakan perawatan untuk membantu kebutuhan kulit yang mungkin mengalami perubahan akibat siklus dan tahapan hidup kita, seperti melahirkan dan menopause.

Jasmine Weeks Stephens, pendiri merek perawatan kulit Faace, mengatakan: “Saat-saat ketika hormon kita berubah, seperti siklus, menjadi ibu baru, dan menopause, bisa menjadi masa yang penuh gejolak. Dan sering kali kita perlu mencari solusi cepat yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Jadilah diri sendiri .” Dari mindfood.com

“Ketika hormon mengganggu kulit kita, kita mungkin melihat banyak hal kontradiktif terjadi pada saat bersamaan, seperti noda dan flek serta kulit kering,” lanjutnya.

Oleh karena itu, kata Yasman, perawatan kulit hormonal menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi sejumlah permasalahan kulit.

Lanjutnya: Oleh karena itu, perawatan kulit hormonal merupakan pilihan sederhana dengan bahan yang beragam untuk mengatasi berbagai masalah dan dapat membantu mengatasinya.

5 Klinik Kecantikan yang Diharapkan Trendi dan Berbeda dalam Perawatan Kulit di Tahun 2024

Mengapa perawatan kulit hormonal diperlukan?

Gambar seorang gadis menggunakan perawatan kulit untuk perawatan kulit (Freepik/frimufilms)

Menurut Fiona Toomey, pendiri merek kesehatan NAYDAYA, hormon memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penampilan kulit.

“Hormon kita mengontrol segalanya, termasuk penampilan dan perasaan kulit kita. Kita sudah lama mengetahui hubungan antara hormon dan jerawat,” kata Fiona.

Dia melanjutkan: Tapi sekarang kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara hormon dan kekeringan kulit, gatal-gatal, hilangnya kolagen dan gejala lainnya.

Sementara itu, Siobhan McCarthy, salah satu pendiri Living M, mengatakan perubahan hormonal saat menopause berdampak lebih besar pada kulit dibandingkan proses penuaan.

Ia mencatat: Fluktuasi hormonal menyebabkan pergantian sel kulit menurun dengan cepat dan menimbulkan berbagai masalah seperti kulit kering, kehilangan kilau, iritasi, peningkatan sensitivitas, jerawat dan melemahnya pelindung kulit.

Mengapa perawatan kulit hormonal populer di tahun 2024?

Gambar seorang gadis melihat kondisi kulit wajahnya (Freepik)

Banyak orang yang sadar akan kondisi tubuhnya dan memahami pengaruh hormon pada kulitnya.

Memahami kesehatan hormonal itu penting, terutama bagi wanita yang ingin melakukan biohack dan menyesuaikan rutinitasnya.

Perawatan kulit dengan hormon seimbang akan menjadi kebutuhan bagi konsumen yang paham perawatan kulit di masa depan.

Kiat perawatan kulit

Gambar seorang gadis menggunakan perawatan kulit (Freepik)

Berikut beberapa tips perawatan kulit yang dapat membantu mengatasi masalah kulit yang berhubungan dengan perubahan hormonal:

1. Pembersihan lembut

Gunakan pembersih wajah lembut yang bebas dari bahan kimia keras. Hindari pembersih yang dapat mengiritasi kulit, terutama jika Anda sedang mengalami perubahan hormonal seperti yang terjadi saat menstruasi atau kehamilan.

2. Pilih produk perawatan kulit sesuai jenis kulit Anda

Jika Anda mengalami jerawat hormonal, produk yang mengandung bahan seperti asam salisilat atau benzoil peroksida dapat membantu mengatasinya.

Bagi Anda yang mengalami kulit kering, produk perawatan kulit yang mengandung asam hialuronat mungkin lebih cocok.

3. Hidrasi yang cukup

Jagalah kelembapan kulit dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Hidrasi membantu menjaga elastisitas kulit dan melawan kekeringan.

4. Tabir surya setiap hari

Gunakan tabir surya setiap hari, meskipun cuaca mendung atau di dalam ruangan. Pasalnya, paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko pigmentasi dan memperburuk beberapa kondisi kulit.

5. Pola makan dan gaya hidup

Pola hidup sehat dan pola makan yang baik dapat menunjang kesehatan kulit. Pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang cukup, minum air putih yang cukup, dan menjaga keseimbangan hormonal dengan tidur yang cukup.

Nutrisi yang baik berperan penting dalam kesehatan kulit. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin, mineral, dan antioksidan melalui pola makan sehat yang kaya buah-buahan, sayuran, dan sumber nutrisi lainnya.

6. Olah raga teratur

Olahraga dapat membantu menjaga keseimbangan hormonal dan melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat memberikan efek positif bagi kesehatan kulit.

7. Manajemen stres

Stres dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal dan menyebabkan masalah kulit. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas santai lainnya.

8. Perawatan lokal

Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan mengandung bahan-bahan yang menunjang kesehatan kulit.

Misalnya saja produk yang mengandung retinoid atau asam hialuronat yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan meningkatkan hidrasi.

9. Perhatikan siklus menstruasi

Jika Anda mengalami perubahan kulit terkait dengan siklus menstruasi, catat perubahan tersebut di buku harian atau aplikasi pelacak menstruasi. Ini dapat membantu Anda memahami pola dan menemukan solusi yang lebih tepat.

10. Hati-hati dengan produk hormonal

Beberapa produk perawatan kulit mengandung bahan yang dapat mempengaruhi hormon. Jika Anda mempunyai kekhawatiran, diskusikan dengan profesional kesehatan sebelum menggunakan produk tersebut.

Gaya Hidup, Perawatan dan Jenis Makanan untuk Mengatasi Penuaan Dini

Strategi perawatan kulit hormonal

Gambar seorang gadis menyentuh kulit wajahnya (Freepik)

Selain itu, ada beberapa strategi perawatan kulit hormonal yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Ketahui gejala perubahan hormonal

Pahami tanda-tanda perubahan hormonal yang mungkin terjadi pada kulit. Misalnya saja jerawat hormonal, kulit kering atau berminyak, pigmentasi kulit, dan tanda-tanda penuaan mungkin muncul sebagai respons terhadap perubahan hormonal.

2. Gunakan bahan aktif

Beberapa bahan aktif dalam perawatan kulit dapat membantu mengatasi masalah hormonal, misalnya:

Retinoid (Vitamin A): Merangsang regenerasi sel kulit dan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Asam hialuronat: meningkatkan kelembapan dan kekencangan kulit.

Asam salisilat atau Benzoil peroksida : Bermanfaat untuk mengatasi jerawat hormonal.

Vitamin C: membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

3. Lakukan perawatan kulit secara teratur

Konsistensi adalah kunci perawatan kulit. Gunakan rutinitas perawatan kulit pagi dan malam yang mencakup pembersih, toner, serum, dan pelembab.

4. Suplemen tambahan

Beberapa orang mungkin mendapat manfaat dari suplemen tambahan, terutama jika kekurangan nutrisi tertentu dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

5. Konsultasikan dengan ahli kesehatan kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit terkait perubahan hormonal, konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kesehatan lainnya.

Mereka dapat memberikan saran yang lebih spesifik dan mungkin meresepkan pengobatan yang lebih baik jika diperlukan.

Pengarang: Putri Surya Ningsieh


Konten ini dikirimkan oleh Z Creators Indozone. Ayo buat cerita dan konten serumu sendiri dan dapatkan berbagai reward menarik! Mari klik untuk bergabung dengan Z Creators Di Sini.

Pembuat Spanduk Z

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *