Tombol Copilot adalah perubahan terbesar pada keyboard Windows dalam 30 tahun terakhir

Jakarta (JurnalPagi) – Microsoft ingin tahun 2024 menjadi “tahun PC kecerdasan buatan”, di mana perangkat elektronik disematkan teknologi kecerdasan buatan (AI), dimulai dengan perubahan signifikan pada keyboard laptop dan PC baru.

The Verge melaporkan pada hari Kamis bahwa tombol Copilot baru dikirimkan ke PC dan laptop baru dari mitra Microsoft, memberikan akses instan ke pengalaman Windows Copilot Microsoft yang didukung AI langsung dengan menekan tombol keyboard.

Tombol Copilot adalah perubahan besar pertama pada tata letak keyboard PC Windows dalam hampir tiga dekade.

“Hampir 30 tahun yang lalu, kami memperkenalkan tombol Windows pada keyboard PC, yang memungkinkan orang di seluruh dunia untuk berinteraksi dengan Windows. Kami menganggap ini sebagai momen transformatif lainnya dalam perjalanan Windows kami. Di mana Copilot akan menjadi pintu gerbang ke dunia kecerdasan buatan di Windows, kata Yusuf Mehdi, wakil presiden eksekutif dan kepala pemasaran konsumen di Microsoft.

Microsoft Copilot Akan Diluncurkan pada 26 September 2023

Tombol Copilot baru ini akan menggantikan tombol menu (tombol program) yang diperkenalkan bersamaan dengan tombol Windows beberapa dekade lalu.

Tombol ini ditempatkan di sebelah tombol alternatif Tepat di sebagian besar keyboard, dengan penempatannya berdasarkan OEM dan di pasar yang berbeda, tempat Microsoft menambahkan tombol Office khusus ke keyboardnya pada tahun 2019.

Tombol Copilot hanya akan tersedia di Windows Copilot tersedia dari Windows 11.

Copilot merupakan teknologi AI terbaru Microsoft yang menawarkan chatbot seperti ChatGPT yang dapat menjawab pertanyaan atau bahkan melakukan tindakan di Windows.

Aplikasi AI ‘Copilot’ Microsoft Kini Tersedia di iOS

Jika Windows Copilot belum tersedia di beberapa negara, tombol Copilot akan meluncurkan Pencarian Windows. Sedangkan tombol Windows yang ada dapat membuka menu Start atau digabungkan dengan berbagai tombol lainnya untuk pintasan fitur dan fungsi Windows.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah Microsoft berencana mengizinkan pengguna menggunakan tombol Copilot bersamaan dengan tombol lain di masa mendatang.

Microsoft tidak mengatakan OEM mana yang akan menambahkan tombol Copilot, pengumuman tersebut disampaikan pada pameran elektronik terbesar di dunia, Consumer Electronics Show (CES) 2024, yang dimulai pada 9 Januari di AS.

“Pengguna akan mulai melihat tombol Copilot diluncurkan pada PC Windows 11 baru dari mitra ekosistem kami dan akan tersedia akhir bulan ini hingga musim semi, termasuk pada perangkat Surface masa depan,” kata Mehdi.

Microsoft dikabarkan akan meluncurkan model Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 baru pada musim semi, dan tombol Copilot khusus pada perangkat Surface adalah rumor yang kini telah terkonfirmasi.

Microsoft Copilot tersedia sebagai aplikasi mirip ChatGPT di Android

Penerjemah: Pamela Sakina
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *