jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

JAKARTA (JurnalPagi/JACX) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta operator penyeberangan dan masyarakat mewaspadai cuaca buruk pada 2023.

BMKG memprediksi angin kencang dan gelombang tinggi akan terjadi di hampir seluruh perairan Indonesia, terutama Laut Natuna Utara, Samudera Hindia Selatan, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Namun, muncul juga permintaan di thread WhatsApp yang meminta masyarakat untuk tidak berlibur ke Pantai Anyer Banten.

Pesan berantai tersebut menyebutkan bahwa Gunung Anak Krakatu sudah mulai mengeluarkan banyak asap, sehingga masyarakat harus menghindari berwisata ke Pantai Anir.

Dalam kelanjutan narasi ini, disebutkan dalam pesan berantai dengan foto tersebut:

“Laporkan bagi yang ingin berlibur ke Anyer, batalkan atau pergi ke tempat lain karena Gunung Krakatau mulai mengeluarkan banyak asap.”

Namun, benarkah ada imbauan resmi untuk tidak berlibur ke Pantai Anyer, Banten akibat asap Gunung Anak Krakatau?

Unggahan Hoax bahwa Pantai Anyer berbahaya untuk dikunjungi karena Gunung Anak Krakatau mengeluarkan banyak asap. Padahal, PVMBG menyatakan Pantai Anyer dalam radius aman untuk dikunjungi. (Ada apa)



Penjelasan:
Kunjungi akun resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesiadi Twitter, pesan berantai yang meminta masyarakat untuk tidak berlibur ke Pantai Anir adalah berita bohong.

Hingga Senin (26/12), Gunung Anak Krakatau terakhir meletus pada 15 Desember 2022. Sesuai anjuran PVMBG, masyarakat diminta untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 5 km.

Sedangkan Pantai Anyer di Banten berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Gunung Anak Krakatau dan sudah dinyatakan aman untuk wisatawan.

Selain itu, gambar yang sama dalam pesan berantai WhatsApp juga ditemukan di YouTube dalam konten berjudul ‘ANAK Krakatau Erupsi HARI INI’. Konten yang diupload pada April 2022.

Oleh karena itu, pesan berantai yang meminta masyarakat untuk tidak berlibur ke Pantai Anyer karena Anak Krakatau banyak mengeluarkan asap adalah berita bohong atau bohong.

Tuntutan: Permintaan masyarakat untuk tidak berlibur ke Pantai Anyer, Banten

Peringkat: menipu

Pemeriksaan fakta: Penipuan! Air di pantai Pangandaran berkurang pasca gempa Sianjur

Reality Check: Kecurangan, Status Gunung Anak Krakatau Level 4

Bupati Serang jamin Pantai Anyer aman untuk wisatawan

Koresponden: Tim JACX
Editor: Imam Santoso