Tips perjalanan aman dan nyaman saat libur lebaran

Jakarta (JurnalPagi) – Liburan Lebaran biasanya dimanfaatkan keluarga untuk mengunjungi tempat wisata bersama.

Untuk meminimalisir risiko menghadapi masalah dan stres, ada baiknya rencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari saat libur lebaran.

Tips yang dimuat Hindustan Times pada hari Minggu berikut ini bisa menjadi referensi dalam merencanakan perjalanan wisata saat libur lebaran.

Pesan akomodasi terlebih dahulu

Hotel, resor, dan wisma biasanya ramai saat liburan panjang, jadi sebaiknya pesan akomodasi terlebih dahulu untuk memastikan keluarga Anda bisa menginap di tempat yang aman dan nyaman. Memesan akomodasi jauh-jauh hari juga sangat penting bagi Anda yang berencana berlibur ke luar negeri.

Pastikan rumah dan barang-barang pribadi Anda aman

Saat ingin keluar rumah beberapa hari untuk menghabiskan libur lebaran bersama keluarga, Anda perlu memastikan kondisi rumah dalam keadaan sehat. Jangan lupa matikan kompor gas, oven dan alat elektronik rumah. Selain itu, jika Anda bepergian dengan kendaraan umum, sebaiknya jaga barang-barang pribadi Anda agar tidak hilang atau salah taruh.

Manfaatkan penawaran promosi liburan

Saat libur Idul Fitri, restoran, tempat hiburan dan akomodasi biasanya menawarkan program promosi dan diskon menarik. Oleh karena itu, ketika merencanakan perjalanan Anda, ada baiknya Anda menelusuri situs web resmi dan akun media sosial restoran, tempat hiburan, dan penyedia akomodasi untuk memanfaatkan program promosi yang dapat menghemat uang liburan Anda.

Cobalah untuk berkemas sesedikit mungkin

Usahakan membawa barang sesedikit mungkin saat libur Idul Fitri. Selain menghemat waktu dan mengurangi kerumitan membawa, dengan mengemas lebih sedikit Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk bagasi tambahan dan Anda akan memiliki lebih banyak fleksibilitas saat berlibur.

Gunakan asuransi perjalanan

Bila ingin bepergian saat libur lebaran, manfaatkan layanan asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan dapat memberikan keamanan dan perlindungan finansial jika terjadi kejadian tidak terduga seperti kehilangan bagasi, gangguan kesehatan, dan pembatalan perjalanan. Saat memilih layanan asuransi perjalanan, Anda perlu memastikan bahwa polis tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda dan memberikan perlindungan menyeluruh selama liburan Anda.

Banyuwangi Tawarkan Atraksi Seni dan Budaya Saat Libur Idul Fitri
9 Destinasi Religi yang Bisa Jadi Pilihan Saat Libur Lebaran

Penerjemah: Fitrah Asy’ari
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *