Tips mencari ponsel aman IMEI

JAKARTA (JurnalPagi) – Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (APSI) memberikan tips bagaimana menemukan ponsel dengan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) agar aman digunakan.

“Kebijakan IMEI saat ini efektif untuk mencegah ponsel ilegal,” kata Saiful Hayat, Kepala Hubungan Pemerintahan APSI di Jakarta, Rabu.

Sesuai aturan registrasi IMEI yang akan diterapkan mulai tahun 2020, ponsel dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar di Indonesia tidak bisa terhubung ke sinyal ponsel. Ponsel tetap bisa digunakan untuk aktivitas lain, seperti memotret, selain untuk berkomunikasi.

Distributor harus mendaftarkan nomor IMEI ponsel ke sistem Central Equipment Identity Registration (CEIR) pemerintah sebelum merilis perangkat ke pasar.

Bea Cukai Memudahkan Daftar Pembelian IMEI HP di Luar Negeri

APSI menyarankan konsumen untuk membeli dari penjual resmi, baik untuk pembelian dalam jaringan (online) maupun di luar jaringan (offline).

Ponsel yang dijual secara resmi telah tersertifikasi oleh Badan Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika dan sudah termasuk pajak impor dan bea masuk.

Menurut Seeful, seharusnya harga jual ponsel resmi di toko online dan offline tidak jauh berbeda karena komponen pajak yang dibayarkan sama.

Jika membeli ponsel dari luar negeri, konsumen harus mendaftarkan nomor IMEI di Direktorat Jenderal Bea dan Pajak Kementerian Keuangan dan membayar pajak sesuai peraturan yang berlaku, termasuk bea masuk, pajak pertambahan nilai, dan pajak penghasilan.

Pemerintah juga menerapkan registrasi IMEI bagi turis asing yang datang ke Indonesia. Bagi wisatawan mancanegara, IMEI handphone didaftarkan selama tiga bulan sesuai dengan masa berlaku visa.

Aturan ini harus diperhatikan oleh masyarakat umum karena jika membeli ponsel dari luar negeri tetapi mendaftarkan IMEI melalui jalur wisata, maka ponsel tersebut akan diblokir secara permanen hanya selama tiga bulan setelah itu.

APSI: Registrasi IMEI yang efektif untuk mencegah ponsel ilegal

Regulasi Registrasi IMEI Akan Menyelamatkan Industri Seluler

Registrasi IMEI terganggu akibat kebakaran data center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.