jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 20, 2024

KOMPAS.com Sangat frustasi memiliki jerawat kronis dan menggunakan semua jenis produk perawatan kulit tetapi tidak pernah hilang.

Tidak hanya remaja, orang dewasa pun bisa terkena jerawat.

Dilansir Huffpost, (24/2/2022), penyebab dasar jerawat dewasa sebenarnya sama dengan jerawat remaja, yaitu produksi sebum berlebih, pori-pori tersumbat, bakteri, dan peradangan.

Akibatnya, sebagian orang akan mengalami kulit berjerawat atau acne-prone skin.

Dr. Union Square Laser Dermatology di New York, AS adalah dokter kulit dan ahli kecantikan bersertifikat. Y. Claire Chang mengatakan penyebab jerawat lainnya dapat berupa fluktuasi hormonal, stres, diet tinggi gula, karbohidrat dan produk susu, konsumsi alkohol berlebihan, dan penggunaan masker.

Apa Jenis Kulit Berjerawat dan Bagaimana Cara Merawatnya?

Kenali pemicu jerawat Anda

Secara umum, Chang merekomendasikan untuk mencari produk perawatan kulit dan riasan yang terdaftar sebagai “bebas minyak” dan “nonkomedogenik”, dengan penekanan pada pencegahan jerawat jangka panjang.

Menurutnya, rutinitas perawatan kulit yang ideal untuk kulit berjerawat (acne-prone) bergantung pada berbagai faktor, antara lain jenis kulit pasien (kering atau berminyak, sensitif atau normal) dan jenis jerawatnya.

Berikut detailnya:

  • Banyak komedo (komedo dan komedo putih)

Untuk kulit dengan lebih banyak komedo dan komedo putih, mereka dapat fokus pada pengelupasan dan pergantian sel kulit, kata Chang.

  • Kulit memiliki jerawat yang meradang

Sementara itu, mereka yang memiliki jerawat yang lebih meradang mungkin fokus pada agen antiinflamasi dan antibakteri.

Namun, Chang merekomendasikan menenangkan kulit dengan produk perbaikan kulit yang lembut seperti pembersih yang menghidrasi, pelembab kaya ceramide, dan serum yang menenangkan.

Baca Juga : Mengenal Jerawat Mandham dan Cara Mengatasinya

Tips memilih perawatan kulit yang tepat untuk kulit berjerawat

Berdasarkan uraian di atas, berikut beberapa tips cara memilih skin care atau produk perawatan kulit untuk kulit berjerawat.

1. Pembersih / Pembersih

Memilih pembersih yang tepat tergantung pada kulit pribadi Anda dan jenis jerawat.

A) Kulit sensitif dan kering

Chang mencatat bahwa orang dengan kulit sensitif dan kering akan mendapat manfaat dari pembersih yang lembut dan menghidrasi.

Ini karena mereka ingin menghindari peradangan kulit lebih lanjut dengan scrub yang keras atau pembersih yang mengiritasi.

b) Komedo

Sedangkan mereka yang memiliki pori-pori tersumbat dan komedo harus mencari pembersih yang mengandung asam salisilat (asam beta-hidroksi yang larut dalam minyak yang meningkatkan pergantian sel kulit dan dapat menembus jauh ke dalam pori-pori).

Fungsi asam salisilat adalah untuk membantu membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat.

c) Kulit dengan jerawat yang meradang

Seseorang dengan jerawat merah yang meradang harus mencoba pembersih yang mengandung benzoil peroksida, bahan antiinflamasi dan antibakteri yang efektif.

2. Pelembab

Melembabkan adalah langkah kunci yang sangat penting bagi orang dengan kulit berjerawat, kata Chung.

Dia menemukan bahwa banyak pasien jerawat lalai menggunakan pelembab. Pasien menduga bahwa pelembab justru menyumbat pori-pori mereka.

Padahal, menggunakan pelembap sangat penting untuk memperbaiki penghalang kulit dan mencegah kekeringan berlebihan yang disebabkan oleh beberapa obat antijerawat, seperti retinoid.

Chung merekomendasikan agar orang dengan kulit berjerawat memilih pelembab dengan bahan restoratif dan menghidrasi seperti ceramide, asam hialuronat, dan niacinamide.

3. Kepalaku

Menurut Chung, Anda harus mencari serum yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan memperbaiki kulit, termasuk vitamin C, niacinamide, minyak pohon teh, dan asam hialuronat.

Serum yang mengandung bahan eksfoliasi atau retinol juga bisa membantu mengatasi jerawat.

4. Minyak wajah

Minyak pernah dianggap sebagai persona non-Greta di dunia perawatan kulit, tetapi Change mengatakan mereka yang memiliki kulit berjerawat dapat menggunakan minyak asalkan memiliki profil komedogenik yang rendah. Pertimbangkan pilihan seperti minyak biji anggur, minyak biji bunga matahari, minyak rosehip, dan minyak jojoba.

5. Tabir surya

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap hari, meskipun Anda takut akan menyebabkan munculnya jerawat.

“Tabir surya sama pentingnya, jika tidak lebih, bagi orang dengan kulit berjerawat dalam melindungi kulit,” kata Chung.

Tidak hanya membantu melindungi dari kanker kulit dan penuaan dini, tetapi juga membantu mencegah bekas jerawat menjadi gelap.

Pastikan untuk menemukan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan label nonkomedogenik, dan gunakan kembali setiap dua jam.


Dapatkan pembaruan Berita terpilih Dan berita terkini Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung grup Telegram “Kompas.com news update” caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.