Tips memadukan warna-warna berani dalam desain interior

Jakarta (JurnalPagi) – Meski palet minimalis dan netral mendominasi tren desain interior terkini, minat untuk memadukan warna-warna berani dan pola menarik dalam desain ruangan semakin meningkat.

Pendiri dan Arsitek Utama Cityspace’82 Architects Sumit Dhawan mengatakan teknik blok warna dapat digunakan untuk menciptakan efek visual dramatis pada dinding, furnitur, dan aksesori.

Dhawan seperti dikutip Hindustan Times pada Minggu (25/2) mengatakan, “Mulailah dengan warna dasar yang menentukan nada ruangan. Warna-warna berani dan cerah seperti hijau zamrud, biru royal, atau merah cerah cocok untuk tujuan ini.” .

Setelah warna dasar ditentukan, pilih satu atau dua warna komplementer atau kontras untuk membuat blok warna, katanya.

Misalnya, ruang tamu dengan warna dasar biru kobalt bisa diberi aksen bantal blok kuning mustard dan koral gelap.

Pertimbangkan untuk menyeimbangkan blok warna berani dengan elemen netral agar ruangan tidak terlihat membosankan. Furnitur dan aksesoris berwarna putih atau krem ​​​​bisa digunakan agar warnanya tampak cerah, namun tidak berlebihan.

Selain itu, teknik pencampuran pola dapat digunakan untuk menciptakan keseimbangan menggunakan pola dan warna cerah. Misalnya, wallpaper bermotif bunga bisa dilengkapi dengan bantal bermotif geometris dengan warna senada.

Mukesh Bhatia, pendiri dan arsitek utama di SSB Architects, mengatakan, “Memvariasikan skala pola penting untuk menciptakan daya tarik visual tanpa menimbulkan kekacauan. Menggabungkan pola berskala besar dengan desain yang lebih kecil dan kompleks membantu menyeimbangkan desain secara keseluruhan.”

Pola berbeda seperti garis, polkadot, dan chevron dapat dipadukan untuk memastikan ada elemen pemersatu untuk menciptakan kohesi dalam ruang, ujarnya.

Furnitur dan aksen dengan warna atau corak yang berani juga bisa digunakan untuk mencerahkan ruangan. Sofa berwarna cerah atau kursi yang eye-catching bisa menjadi titik fokus sebuah ruangan.

Saat memilih furnitur yang berani, pertimbangkan skema warna ruangan secara keseluruhan, kata Nikita Bajaj Pathak, arsitek dan pendiri Design21.

“Pertimbangkan warna permata seperti safir, kecubung, atau zamrud untuk kesan mewah, atau pilih pola yang tidak konvensional seperti motif binatang atau desain grafis untuk sentuhan kontemporer,” katanya.

Jika dinding dan aksesorinya penuh pola, Anda bisa memilih furnitur berwarna untuk menjaga keseimbangan.

Dinding dan langit-langit juga bisa digunakan sebagai sarana menuangkan warna dan corak berani ke dalam ruangan.

Ruby Goswamy, pendiri dan arsitek utama di Design Square Architects, mengatakan bahwa langit-langit yang terang dapat menarik perhatian ke atas dan menciptakan kesan tinggi dan drama.

“Gunakan wallpaper tebal, warna berani, atau bahkan mural langit-langit untuk menonjolkan kesan,” katanya.

Dia menekankan pentingnya memastikan desain kohesif dipertahankan di seluruh ruangan saat memasukkan elemen berani di langit-langit. Caranya adalah dengan memilih warna dan pola yang melengkapi keseluruhan tema, sehingga menghasilkan tampilan yang kohesif.

Tren dekorasi interior yang akan berlaku di tahun 2024
Tips Memilih Furnitur Rumah ala Dian Sastrowardoyo

Penerjemah: Fitrah Asy’ari
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *