Tiongkok telah mengeluarkan daftar negatif perdagangan jasa lintas batas

Beijing (JurnalPagi) – Tiongkok telah meluncurkan daftar negatif versi nasional untuk perdagangan lintas batas di bidang jasa dan zona perdagangan bebas.Zona perdagangan bebasKementerian Perdagangan (Commandag) Tiongkok mengumumkan pada Jumat (22/3) bahwa FTZ merupakan eksperimen untuk meningkatkan keterbukaan.

Menurut Kementerian Perdagangan Tiongkok, ini adalah pertama kalinya Tiongkok mengembangkan daftar negatif perdagangan jasa lintas batas di tingkat nasional. Daftar tingkat nasional mencakup 71 produk.

Kementerian mengatakan bahwa daftar negatif untuk perdagangan jasa lintas batas dalam versi uji coba FTZ mencakup 68 produk dan mencakup bidang-bidang seperti kualifikasi profesional perorangan, jasa profesional, keuangan dan budaya.

Langkah ini merupakan langkah penting bagi Tiongkok untuk menyelaraskan diri dengan standar tinggi peraturan ekonomi dan perdagangan internasional serta mendorong keterbukaan institusi.

Sebelumnya, Tiongkok merilis daftar negatif pertamanya untuk perdagangan jasa di Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan pada bulan Juli 2021, yang menetapkan bahwa penyedia jasa dalam dan luar negeri harus menikmati akses yang sama di sektor-sektor yang dicakup oleh Kementerian Perdagangan. Yadong pada konferensi pers November lalu.

Menurut pengumuman kementerian ini, daftar negatif versi nasional mengumpulkan dan merangkum berbagai tahapan memasuki pasar di berbagai sektor dan menekankan hal yang sama dengan layanan dan penyedianya di sektor yang tidak termasuk dalam daftar ini. daftar, baik di dalam maupun di luar negeri, akan diperlakukan

Daftar ini diharapkan secara efektif meningkatkan transparansi dan prediktabilitas dalam pengelolaan perdagangan jasa nasional lintas batas.

Versi percontohan daftar negatif FTZ menetapkan langkah-langkah untuk mengurangi pembatasan kualifikasi profesional.

Daftar negatif ini memungkinkan warga negara asing untuk mengikuti ujian terdaftar Perencana Kota dan Desa, Penilai Real Estat, Juru Lelang, Insinyur Pengawas, Dokter Hewan, dan Insinyur Survei dan Perancangan.

Di sektor keuangan, daftar negatif FTZ percontohan menyatakan bahwa langkah-langkah yang diterapkan kembali di Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan akan direplikasi di semua FTZ percontohan.

Misalnya, zona ini memungkinkan orang asing yang memenuhi syarat untuk membuka rekening sekuritas dan berjangka.

Versi uji coba FTZ daftar negatif memungkinkan orang asing dan perusahaan yang berbasis di luar negeri untuk berpartisipasi dalam proses bea cukai.

Hal ini juga menurunkan persyaratan minimum untuk proporsi karyawan Tiongkok yang bekerja di serial TV yang diproduksi bersama oleh perusahaan Tiongkok dan asing.

Kementerian menekankan bahwa mereka berharap pemberlakuan dua daftar negatif ini akan meningkatkan keselarasan Tiongkok dengan peraturan perdagangan internasional berstandar tinggi dan dengan demikian mempercepat kemajuan negara tersebut dalam mereformasi mekanisme manajemen perdagangan jasa lintas batas.

Kementerian Perdagangan Tiongkok mengatakan pengenalan daftar tersebut juga akan mendorong tingkat keterbukaan yang tinggi di negara tersebut dan memberikan peluang baru untuk kerja sama global.

Koresponden: Xinhua
Redaksi : M Razi Rahman
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *