Tindak lanjuti dengan perawatan kulit malam hari dengan retinol untuk membuat kulit Anda lebih bersinar

Jakarta

Apakah Anda menggunakan retinol setiap malam untuk mencerahkan wajah Anda? Mari kita pahami cara menggunakan perawatan kulit malam hari dengan retinol agar terlihat sempurna.

Retinol sang bintang dunia perawatan kulit efektif mengatasi berbagai permasalahan kulit mulai dari jerawat, kerutan halus hingga kulit kusam. Tapi, tahukah Anda urutan penggunaan perawatan kulit malam hari dengan retinol yang benar?

Jangan sampai salah urutan karena bisa mengakibatkan kulit teriritasi dan jauh dari hasil yang diinginkan. Selain itu, jika Anda tidak mengikuti urutan perawatan kulit malam hari dengan retinol, dapat menurunkan potensi maksimalnya.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Oleh karena itu, untuk menjamin hasil yang optimal dan menghindari iritasi, penggunaan retinol pada rangkaian perawatan kulit malam hari harus dilakukan dengan urutan yang benar.

Yuk simak cara penggunaan perawatan kulit malam hari dengan retinol agar wajah lebih bersinar:

1. Pembersihan ganda

Membersihkan wajah secara menyeluruh merupakan langkah penting dalam mempersiapkan kulit untuk produk perawatan kulit berikutnya. Double Cleansing merupakan metode pembersihan wajah dua langkah yang efektif untuk menghilangkan make-up, minyak dan kotoran dari permukaan kulit.

Pada langkah pertama, minyak pembersih atau balsem digunakan untuk menghilangkan riasan dan lemak. Minyak pembersih atau balsem melarutkan minyak dan kotoran sehingga mudah dihilangkan.

Langkah kedua menggunakan face wash untuk membersihkan sisa kotoran yang masih menempel di kulit. Pilihlah pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit Anda.

Dr. Dr. menyarankan: “Cuci rutinitas malam Anda. Bersihkan keringat dan minyak yang dihasilkan kulit Anda saat Anda tidur dengan pembersih wajah yang lembut.” Deanne Mraz Robinson, dokter kulit bersertifikat di Westport, Connecticut, dilaporkan oleh majalah Women’s Health.

2. Toner

Toner berfungsi menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkannya untuk menerima produk perawatan kulit berikutnya. Pilih toner berbahan dasar air yang bebas alkohol dan iritasi.

3. Retinol

Retinol merupakan turunan vitamin A yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, antara lain:

Membantu menyembunyikan kerutan halus dan garis halus.
Membantu memudarkan flek hitam dan hiperpigmentasi.
Membantu mengatasi jerawat.
Membantu memperbaiki tekstur kulit.

“Retinol dan retinoid bekerja dengan mempercepat laju pergantian dan regenerasi sel-sel kulit Anda. Dan mereka perlu mencapai kulit dengan gangguan minimal agar bisa bekerja sebaik-baiknya,” jelas dokter. Moraz Robinson.

Retinol serum biasanya memiliki konsentrasi yang berbeda-beda. Bagi pemula, disarankan menggunakan serum retinol dengan konsentrasi rendah, yakni 0,025% atau 0,05%.

Setelah kulit Anda terbiasa, Anda dapat meningkatkan konsentrasi retinol secara bertahap. Oleskan serum retinol secukupnya ke seluruh wajah Anda kecuali area mata dan bibir. Hindari penggunaan serum retinol pada area mata dan bibir karena area tersebut lebih sensitif.

4. Serum (opsional)

Langkah selanjutnya adalah menggunakan perawatan kulit malam hari dengan serum retinol tetapi ini opsional. Serum merupakan salah satu produk perawatan kulit yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi.

Serum ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, hiperpigmentasi, dan penuaan dini. Jika Anda menggunakan serum selain retinol, gunakan sesuai konsistensi produk.

Biasanya serum yang lebih encer digunakan sebelum serum yang kental. Namun, jika kulit Anda sensitif, Anda bisa melewati langkah ini.

“Untuk malam hari, saya biasanya merekomendasikan serum kaya peptida daripada vitamin C, yang lebih penting di siang hari,” kata Dr. Moraz Robinson.

5. Krim mata (opsional)

Jika Anda memiliki krim mata khusus, aplikasikan setelah pelembab. Pilih formula yang lembut dan bebas retinol untuk area mata sensitif.

6. Pelembab

Retinol bisa membuat kulit kering, jadi jangan lupa pakai pelembap! Pilih pelembap yang kaya akan bahan pelembab dan menenangkan, seperti asam hialuronat atau ceramide.

“Asam hialuronat adalah sumber hidrasi bebas minyak dan dapat digunakan untuk mencegah retinol menjadi terlalu kering,” sarannya.

Petunjuk

– Gunakan retinol hanya pada malam hari dan pastikan Anda menggunakan tabir surya pada siang hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

– Mulailah penggunaan retinol dengan frekuensi rendah, 1 hingga 2 kali seminggu, kemudian tingkatkan secara bertahap sesuai toleransi kulit.

– Jika Anda melihat iritasi berlebihan, hentikan penggunaan retinol dan konsultasikan dengan dokter kulit.

– Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide atau hyaluronic acid untuk membantu menenangkan kulit dan mengurangi efek iritasi retinol.

Dengan memahami urutan perawatan kulit malam hari retinol yang benar, Anda dapat memaksimalkan efektivitas retinol untuk kulit yang bersih, sehat, dan bebas tanda-tanda penuaan.

Menonton video”Mitos atau fakta: Retinol menipiskan kulit
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)







Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *