jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Badan Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) berupaya mengevakuasi korban longsor di kawasan pertambangan emas rakyat di Suwawa Timur, Kecamatan Bone Bolango, Gorontalo, dengan menggunakan helikopter karena sulitnya akses dan evakuasi. lokasi bencana dan besarnya debit Jumlah korban

Kepala Basarnas Kusworo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa malam, mengatakan, pada hari ketiga operasi SAR, ada helikopter milik Polri untuk mengevakuasi para korban.

“Kami sedang berkoordinasi dengan TNI AU untuk membantu penambahan helikopter,” ujarnya didampingi Direktur Operasi Besarnas Eddy Prakoso yang saat ini berada di posko operasi SAR gabungan utama di Desa Tulabulu Timur.

Kosoro mengungkapkan, kehadiran helikopter sangat dibutuhkan karena merupakan satu-satunya cara untuk mempercepat evakuasi.

Hasil pantauannya, akses dari posko menuju lokasi kejadian berjarak puluhan kilometer di hutan perbukitan atau setidaknya memakan waktu 4 hingga 5 jam bagi pasukan infanteri.

Menurut dia, waktu tempuh personel SAR gabungan bisa lebih lama karena hujan terus turun, kondisi tanah tidak stabil, dan di beberapa titik harus melintasi jembatan sehingga pihaknya kesulitan mengerahkan alat berat.

Total personelnya ada 1.009 tim yang terlibat dalam operasi SAR ini. Ditambahkannya, 30 orang di antaranya dimobilisasi khusus dari tim rombongan khusus Besarnes.

Data terakhir petugas di posko utama operasi SAR gabungan di Desa Tulabolo Timur menunjukkan jumlah korban tewas masih terus bertambah. Siang tadi 114 orang, Selasa malam 131 orang.

Dari korban tersebut, 23 orang dilaporkan tewas dan 73 orang selamat dengan luka ringan dan berat, serta 45 orang masih hilang.

Korban tewas dan luka dibawa ke sejumlah rumah sakit di Bone Bolango dan Gorontalo. Hingga sore ini, 12 orang dilaporkan berhasil dievakuasi menggunakan helikopter Polri untuk menjalani perawatan medis di rumah sakit dan identifikasi oleh tim DVI Polri di Gorontalo.

“Jumlah korban bisa terus bertambah. Kami akan melakukan yang terbaik setidaknya dalam sembilan hari operasi,” kata Kosoro.

Besarnas Kerahkan Tim Elit Cari Korban Longsor Tambang Emas Gorontalo.
Polres Gorontalo Kerahkan Helikopter Evakuasi Korban Longsor Gorontalo

Koresponden : M. Rizko Bima Elko Prastiv
Editor : D.Dj. Clevantoro
Hak Cipta © JurnalPagi 2024