jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Tempo Co, Jakarta – Di antara banyak masalah kulit, bintik hitam adalah salah satu masalah terpenting yang ingin Anda hilangkan. Tapi tidak seperti jerawat, yang banyak perawatannya tersedia, bintik hitam atau hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar UV, perubahan hormonal atau penuaan jauh lebih sulit diobati.

Banyak dokter kulit merekomendasikan prosedur laser untuk menghilangkannya, dan pencegahan dengan penggunaan faktor pelindung matahari atau SPF setiap hari adalah cara terbaik untuk mencegah bintik hitam akibat sinar matahari.

Tapi itu tidak berarti tidak ada perawatan topikal yang solid yang bisa membantu. Dokter kulit berlisensi Patricia Gail Espinosa membagikan tiga produk perawatan kulit yang menargetkan bintik hitam dan bintik penuaan.

1. Niasinamida
Menurut Spinoza, nicotinamide, juga dikenal sebagai niacinamide, adalah bentuk asam nikotinat (atau vitamin B3) yang digunakan untuk mencegah penuaan kulit dan mencerahkan kulit. Dia berkata: Ini meningkatkan kerutan dan elastisitas kulit. Itu juga dapat mengontrol peradangan pada jerawat. Selain itu, dapat mengontrol mediator peradangan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Niacinamide memperlambat transfer melanosom dari melanosit ke keratinosit. Melanosom adalah bagian dari sel tempat pigmen melanin disintesis dan disimpan.

Dengan kata lain, bahan ini dapat membantu mengatasi bintik hitam.

2. Arbutin
Menurut Spinoza, arbutin berasal dari hidrokuinon dan D-glukosa, yang menghambat tirosinase pada melanosit. Apa artinya bagi kulit? Nah, tyrosinase adalah enzim yang mengontrol sintesis melanin dan menghasilkan warna pada kulit, jadi arbutin sebenarnya bisa mencegah terbentuknya flek hitam.

3. akar manis
Ekstrak licorice bukan hanya bahan kue. Zat ini mengandung glycyrrhizin, yang memiliki sifat antiinflamasi. “Ini mencegah produksi radikal bebas dan mencegah peradangan kulit akibat paparan sinar matahari,” kata Espinosa. Ini juga menghambat eritema pada kulit dan membantu menyembuhkan luka. Ia menambahkan: Ekstrak licorice juga mengandung glabidine yang dapat menghambat aktivitas tirosinase, sehingga menghambat sintesis melanin dalam sel.

Dengan menghambat sintesis melanin dalam sel, ini dapat membantu menargetkan bintik hitam dan mencegah pembentukan bintik baru.

Dia menemukan

3 Bahan Perawatan Kulit untuk Mencegah Kulit Kendur dan Keriput

Selalu update informasi terbaru. Simak berita terhangat dan terpilih dari situs Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.