Thread IG lebih banyak digunakan dengan mengurangi pemuatan “program” X.

Jakarta (JurnalPagi) – Threads by Instagram, sebagai salah satu aplikasi jejaring sosial milik Meta, secara mengejutkan menunjukkan peningkatan performa pengunduhan, menunjukkan bahwa layanan tersebut semakin banyak digunakan.

Sebuah aplikasi kompetitif dari platform media sosial Elon Musk

Faktanya, setelah aplikasi tersebut dirilis pada Juli 2023, pada periode berikutnya yakni Agustus hingga November 2023, tidak ada pertumbuhan pengunduhan aplikasi yang signifikan.

Bahkan saat itu, banyak orang di seluruh dunia yang meragukan apakah Thread mampu bersaing dengan X dalam jangka panjang.

Threads Memperkenalkan Dua Fitur Baru ‘Edit’ dan ‘Voice Thread’

Meski belum ada pernyataan resmi yang dirilis menanggapi hal tersebut, Instagram yang mengembangkan Thread memang rajin menggulirkan inovasi baru, salah satunya adalah mempromosikan konten Threads di unggahan Instagram.

Hal ini akhirnya menarik banyak pengguna bahkan mendapat respon positif karena pengguna Instagram yang sebelumnya tidak tertarik akhirnya menjadi pengguna Threads.

Ketertarikan masyarakat terhadap Threads tampaknya berbanding terbalik dengan performa pengunduhan X yang kini dimiliki Elon Musk.

Meskipun ada sekitar 540 juta pengguna X pada Juli 2023, pertumbuhannya melambat di bawah kepemimpinan bos Tesla.

Perusahaan data aplikasi 42Matters melihat adanya penurunan unduhan Aplikasi X antara November 2022 dan Oktober 2023, yang dapat berarti penurunan minat pengguna.

Selain itu, peringkat unduhan App X pada Desember 2023 hanya berada di peringkat 36 di Apple dan Android. Namun, dalam situasi ini, sebagian besar pengguna mungkin sudah mengunduh aplikasi tersebut karena usianya hampir dua dekade.

Mark Zuckerberg Umumkan Beberapa Fitur Threads Baru

Dalam hal pengguna aktif, X sebenarnya memimpin. Analisis aktivitas aplikasi yang ditunjukkan website Data.ai pada tahun 2023 menunjukkan bahwa X masih masuk sepuluh besar negara dengan pengguna terbanyak.

Sementara itu, pesaingnya, Threads, masih belum termasuk aplikasi yang paling banyak digunakan. Basis pengguna X saat ini

Meskipun pertumbuhan Threads baru-baru ini menggembirakan, tidak jelas apakah aplikasi tersebut dapat mempertahankan momentumnya dan mengubah unduhan aplikasi menjadi pengguna aktif harian, yang merupakan ujian kesuksesan yang sebenarnya.

Meskipun telah menambahkan banyak fitur yang diminta pengguna sejak peluncurannya, perjalanan masih panjang sebelum dapat menarik X pengguna aktif harian. Hal itu dilaporkan Von Arena pada Rabu (31/1).

CEO Meta Mengatakan Threads Akan Menambahkan Fitur Pencarian dan Web

Penerjemah: Livia Cristianti
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *