Terus mendukung hilirisasi industri pertambangan, PLN memasok tambahan listrik sebesar 60 MVA ke PT Freeport Indonesia di Gresik.

Gresik (JurnalPagi) – PT PLN (Persero) mendukung hilirisasi mineral dengan memberikan tambahan daya hingga 60 megavolt ampere (MVA) untuk pabrik peleburan tembaga PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur. Sebelumnya, pada September 2023, PLN juga menyuplai listrik tahap I sebesar 30 MVA.

Kepala Eksekutif PLN Darmawan Prasodjo PLN mendukung penuh upaya pemerintah mendorong industri hilir pertambangan dengan menyediakan listrik yang andal dengan harga bersaing. Menurutnya, hilirisasi merupakan langkah strategis untuk meningkatkan nilai barang mineral dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

PLN menyadari ketersediaan listrik menjadi faktor penting bagi kegiatan industri. Darmawan mengatakan, khususnya bagi industri hilir pertambangan yang membutuhkan daya listrik tinggi dan handal.

Dharmawan menegaskan, pihaknya siap menyuplai kebutuhan listrik sektor pertambangan yang setiap tahunnya terus meningkat. Komitmen ini sejalan dengan misi PLN yang tidak hanya melayani kebutuhan masyarakat, namun juga mendukung pertumbuhan industri dalam negeri.

“Ketersediaan energi listrik merupakan faktor penting di berbagai sektor komersial dan industri. PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik dengan tingkat keandalan yang tinggi. Hal ini dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh konsumen, termasuk sektor industri peleburan.” Dia berkata.

General Manager PLN Unit Distribusi Utama (UID) Jawa Timur Agus Coswardoyo menjelaskan, penyaluran listrik ke PT Freeport Indonesia di KEK Jawa Timur dilakukan dalam empat tahap. Rinciannya, tahap I sebesar 30 MVA, tahap II sebesar 60 MVA, tahap III sebesar 110 MVA, dan tahap IV sebesar 170 MVA.

PLN akan terus mempercepat penambahan sumber daya Tahap III dan Tahap IV yang akan terealisasi pada tahun 2024, kata Agus.

Dengan pasokan listrik yang mencukupi, PLN berharap setelah beroperasi, produksi smelter PT Freeport Indonesia dapat mendukung industri hilir lainnya seperti pabrik kabel, mobil listrik, dan lain-lain.

“PLN ingin berperan sebagai pendukung proyek peleburan PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik yang merupakan salah satu proyek strategis nasional dalam meningkatkan perekonomian negara,” tambah Agus.

Project Management Officer PT Freeport Indonesia Alan Hammerton mengapresiasi pelayanan PLN yang cepat dan tanggap terhadap kebutuhan PT Freeport Indonesia di wilayah Jawa Timur. Kerjasama yang positif ini dikenal dengan peningkatan operasional perusahaan.

Terima kasih PLN, kebutuhan listrik untuk operasional kami meningkat, sejalan dengan komitmen awal PLN untuk memberikan pasokan listrik yang cepat tanggap dan andal, tutupnya.

Koresponden: Kawat PR
Editor: Kawat PR
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *