Termasuk senam wajah, berikut 8 cara alami mengurangi kerutan kulit

SUKABUMIUPDATE.com – Mengurangi kerutan wajah secara alami memerlukan perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan alami yang berguna untuk kulit Anda.

Berikut beberapa cara alami mengurangi kerutan di wajah, dirangkum dari berbagai sumber:

Cara alami mengurangi kerutan wajah

  • Perawatan kulit yang tepat

Gunakan pembersih wajah yang lembut dan hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia keras. Gunakan pelembab yang kaya bahan alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

7 makanan kaya purin yang meningkatkan asam urat

  • Lindungi kulit dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan penuaan kulit dan kerutan.

Gunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat cuaca mendung, dan kenakan topi atau payung untuk melindungi kulit dari sinar UV.

  • Makanlah makanan yang kaya antioksidan

Makanan kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran segar, dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.


Pastikan Anda terhidrasi dengan cukup dengan minum cukup air setiap hari. Air membantu menjaga elastisitas kulit dan membantu membersihkan tubuh dari racun.

6 Minuman Kaya Purin yang Dapat Meningkatkan Asam Urat

  • Gunakan masker wajah alami

Gunakan masker wajah alami seperti masker madu atau masker oatmeal secara rutin untuk memberikan nutrisi ekstra pada kulit dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

  • Hindari kebiasaan merokok dan alkohol

Merokok dan alkohol dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit sehingga menyebabkan kerutan dan penuaan kulit lebih cepat.


Senam wajah seperti senam wajah atau teknik pijat wajah dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengencangkan otot wajah sehingga dapat membantu mengurangi munculnya kerutan.

Kurang Motivasi? Hati-hati dengan 8 faktor penyebab kemalasan dan kesuksesan pada seseorang


Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Tidur yang cukup memungkinkan tubuh memulihkan dan memperbaiki kerusakan kulit.

Dengan konsistensi dan perawatan yang tepat, Anda secara alami dapat mengurangi kerutan di wajah dan menjaga kulit tetap sehat dan bersinar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *