Tekuk Yangon United 4-0, PSM lolos fase grup Piala AFC

Gianyar, Bali (JurnalPagi) – PSM Makassar lolos ke fase grup Piala AFC setelah mengalahkan tim asal Myanmar, Yangon United, dengan skor 4-0 pada babak playoff kompetisi tingkat Asia yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu malam.

Sejak wasit Majed Mohammed Alshamrani asal Arab Saudi meniupkan pluit tanda babak pertama dimulai pukul 19.00 WITA, PSM Makassar mulai menguasai permainan saat menjamu tim lawan, Yangon United.

Melalui kolaborasi apik antar-pemain, penyerang nomor punggung 20, Adilson Gancho mencetak gol pertama untuk PSM melalui tendangan jarak dekat.

Anak asuhan pelatih Bernardo Tavares itu terus menyerang tim lawan dan menghalau upaya the Lions, julukan tim asal Myanmar itu untuk menjebol gawang PSM.

Tim tamu berupaya bangkit dan memanfaatkan peluang gol namun gagal tercipta di antaranya tendangan penyerang, Jose Adolfo tapi bola melambung di atas gawang PSM.

PSM kemudian membalas serangan Yangon melalui gol yang dipersembahkan Everton Nascimento pada menit ke-35.

Penyerang dengan nomor punggung 10 itu dengan mudah menggiring bola hingga bersarang di gawang yang tak mampu diantisipasi kiper, Sann Sat Naing.

Hingga tambahan waktu dua menit pada babak pertama, PSM unggul sementara 2-0 atas Yangon hingga kedua tim turun minum.

PSM fokus perbaiki seluruh lini hadapi tim asal Myanmar di Bali

Memasuki babak kedua yang baru berjalan enam menit, PSM Makassar kembali mencetak gol ketiga yang bersarang di gawang Myanmar lewat tendangan sang kapten, Yakob Sayuri.

Sepakan jarak dekat dari sisi kanan gawang Yangon United oleh gelandang PSM itu tak bisa dihindari kiper Sann Sat Naing pada menit ke-51.

Pelatih Yangon, Gerd Zeise kemudian mengganti beberapa pemainnya salah satunya Oakkar Naing dan memasukkan Min Kyaw Khant.

Namun, usaha menambah amunisi segar itu tak bertahan lama karena PSM kembali mencetak gol keempat melalui sepakan Adilson Gancho pada menit ke-60, setelah memanfaatkan umpan dari Dzaky Asraf.

Yangon United tak bisa mengejar ketertinggalan setelah papan skor tetap 4-0 untuk PSM hingga pertandingan berakhir.

Dengan kemenangan itu, PSM mengunci satu tiket untuk berlaga di fase grup Piala AFC.

Selain PSM, klub sepak bola dari Indonesia juga diwakili Bali United juga sudah lebih dulu memastikan tempat di fase grup kompetisi antar-klub kasta kedua di Asia itu.

Bali United dengan julukan Serdadu Tridatu itu otomatis masuk fase grup setelah berlaga di babak kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) di Hong Kong, meski menelan kekalahan melawan tim ruan rumah, Lee Man FC, 5-1.

Bali United dibungkam Lee Man FC di kualifikasi Liga Champions Asia

Susunan pemain:

PSM Makassar: Yuran Fernandes, Ananda Raehan, Everton Nascimento, Dzaky Asraf, Adilson Gancho, Yakob Sayuri, Yance Sayuri, Safrudin Tahar, Reza Pratama, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung.

Pelatih kepala: Bernardo Tavares

Yangon United: David Htan, Kyaw Phyoe Wai, Zaw Win Thein, Jose Adolfo, Oakkar Naing, Yan Kyaw Htwe, Thurein Soe, Habila Marlle, Yan Naing Oo, Sann Sat Naing, Hlaing Bo Bo.

Pelatih kepala: Gerd Zeise

Yangon United jajal Stadion Dipta jelang hadapi PSM Makassar

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © JurnalPagi 2023