Tarian barongsai dan kesenian tradisional Tiongkok merayakan Tahun Baru Imlek di pusat perbelanjaan Jakarta

Jakarta (JurnalPagi) – Pertunjukan seni tradisional Tiongkok dan barongsai akan digelar dua mal di Jakarta Pusat, Grand Indonesia dan Plaza Indonesia, dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2024.

Mengangkat tema cerita rakyat Tiongkok “Sembilan Naga dan Raja”, sejumlah instalasi kemeriahan yang disematkan ornamen Tiongkok dan simbol naga menghiasi berbagai sudut Plaza Indonesia. Tahun Baru Imlek 2024 menandai peralihan menuju Tahun Naga Kayu.

Tepat pukul 14.00, barongsai mini mengelilingi lantai basement lalu berlanjut ke lantai dua Plaza Indonesia, menarik pengunjung yang berfoto dan terharu dengan penampilan menggemaskan barongsai tersebut.

Pada saat yang sama, pengunjung Plaza Indonesia dapat belajar menulis aksara Cina. Untuk menikmati kegiatan ini, pengunjung harus merogoh kocek minimal Rp 1 juta di mal, serta kegiatan menggambar kipas dan meramal.

Mal ini juga menyelenggarakan pertunjukan yang dapat disaksikan secara gratis untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek, seperti musik tradisional Tiongkok, tarian tradisional Tiongkok, dan wushu.

Pertunjukan musik tradisional dan orkestra Tiongkok saat pertunjukan di Plaza Indonesia, Jakarta, Sabtu malam (10/2/2024). (JurnalPagi/Vinny Shoffa Salma)




“Kami ingin pengunjung dapat merasakan secara utuh seluruh kegiatan Imlek yang telah kami susun,” kata Direktur Humas dan Komunikasi Pemasaran Plaza Indonesia Tommy Otomo saat dihubungi JurnalPagi, Sabtu.

Penampilan musisi khas Tiongkok memukau para pengunjung dengan lagu-lagu daerah malam itu.

Pengunjung Plaza Indonesia, Mirza mengaku senang melihat suasana khas Imlek di mal. Ia menilai ide menggelar pameran di pusat perbelanjaan tersebut unik dan menarik sehingga masyarakat ingin berlama-lama mengunjungi pusat perbelanjaan tersebut.

Saya datang ke sini bersama keluarga saya ketika saya sedang berlibur. “Bagus, menarik, semoga setiap tahunnya kita bisa mengadakan acara seperti ini lagi,” ujarnya.

Bian Lian dan menampilkan tarian rakyat Tiongkok saat pertunjukan di Jabodetabek, Indonesia, Sabtu malam (10/2/2024). (JurnalPagi/Vinny Shoffa Salma)




Kemeriahan perayaan Imlek bisa disaksikan di Grand Indonesia, mall yang bersebelahan dengan Plaza Indonesia. Di sana, pengunjung dapat menikmati berbagai pertunjukan dan hiburan seperti Bian Lian, tarian tradisional Tiongkok, pembacaan kartu tarot, dan barongsai.

Mulai pukul 15.00 dan 18.30 WIB pengunjung akan berbondong-bondong menuju atrium utama East Mall Grand Indonesia untuk menyaksikan pertunjukan tersebut. Acara diawali dengan pertunjukan barongsai yang mengelilingi area mall dan diakhiri di pusat perbelanjaan utama Atrium East.

Selama pertunjukan Barongsai, pengunjung tak segan-segan berinteraksi langsung dengan para pemain. Bahkan, beberapa pengunjung juga memberikan angpao pada baron Imlek.

Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, semua tampak senang menampilkan barongsai. Para pemain Barongsai terkadang melakukan aksi-aksi di sana seperti berdiri dengan dua kaki dan menari sambil mengiringi musik.

Pertunjukan Bian Lian dan tarian rakyat Tiongkok di Jabodetabek, Indonesia, Sabtu malam (10/2/2024). (JurnalPagi/Vinny Shoffa Salma)




Pertunjukan dilanjutkan dengan Opera Bian Lian dan Tari Tradisional Tiongkok pada pukul 16:00 dan 18:30 WIB.

Selain di atrium utama Grand Indonesia, pengunjung juga menyaksikan pertunjukan dari lantai paling atas. Mereka pun ikut mengabadikan momen Imlek di mal dengan memotret atau merekam penampilan para pengisi acara dan penari.

Jika ingin mencoba sesuatu yang berbeda, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan membaca kartu tarot secara profesional. Namun kegiatan ini baru bisa dilakukan pada tanggal 16 Februari pukul 15.00 WIB.

Anisa Hazarini, asisten direktur komunikasi perusahaan besar Indonesia tersebut, mengatakan mereka akan mengadakan acara bertema Tahun Baru Imlek hingga 18 Februari.

Aini, pengunjung Grand Indonesia asal Bintaro, datang bersama keluarganya menikmati tampilan Imlek di mall. Meski tidak merayakannya, ia memanfaatkan momen Tahun Baru Imlek dan berkumpul bersama keluarganya.

“Kami juga berharap tahun ini bisa mendapatkan semua yang kami harapkan. Hanya yang terbaik,” kata Aini.

KCIC Suguhkan Barongsai di Stasiun Kereta Kecepatan Tinggi Whoosh untuk Merayakan Tahun Baru Imlek

Ruben Onso Rayakan Tahun Baru Imlek Bersama Keluarga

Seni Lukis Kayu Pewaris Tahun Baru Imlek Promosikan Warisan Budaya

Barongsai dan Pohon Angpao di Stasiun Pasar Senen Merayakan Tahun Baru Imlek 2024

Koresponden: Winnie Shofa Salma
Editor: Natisha Andarningtias
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *