Tampil cantik dengan perawatan kulit retinol, rahasia dan manfaatnya untuk kulit sehat bercahaya

JEMBER, Tugujatim.id – Retinol merupakan salah satu jenis kandungan dalam dunia kecantikan kulit yang menjadikannya sehat dan berkilau. Perawatan kulit Retinol yang dikenal sebagai turunan vitamin A ini memiliki banyak manfaat luar biasa, terutama untuk kulit wajah.

Dengan kemampuannya dalam merangsang produksi kolagen dan mengurangi kerutan pada kulit, perawatan kulit retinol kerap dianggap efektif mengatasi penuaan dini dengan memperbaiki tekstur kulit.

Selain itu, penggunaan produk perawatan kulit retinol pada kulit dapat mengurangi produksi sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Tak jarang kulit terkelupas saat menggunakan retinol untuk mengurangi garis-garis halus dan meremajakan kulit.

Praktis! 3 tips cara menggunakan tabir surya: Menjaga kesehatan kulit dari sinar matahari untuk mencegah penuaan dini

Masalah seperti flek hitam akibat hiperpigmentasi akibat kerusakan kulit akibat sinar matahari juga dapat diatasi dengan penggunaan retinol yang benar. Manfaat-manfaat inilah yang menjadi rahasia manfaat retinol yang umum ditemukan pada beberapa produk kecantikan seperti serum, pelembap, dan produk kecantikan lainnya.

Sedangkan retinol hadir dalam bentuk pengobatan yang dioleskan langsung ke kulit, biasanya dalam bentuk krim, gel, lotion, salep, bahkan serum. Lantas, bagaimana cara menggunakan retinol dengan benar?

Pertanyaan ini sering muncul karena berbeda dengan produk kecantikan lain yang bisa digunakan sehari-hari. Berbeda dengan retinol karena merupakan salah satu bahan yang lebih kuat sehingga memberikan efek nyata dan langsung pada kulit.

5 Bank Tanpa Biaya yang Cocok untuk Menabung: Lebih Mudah Kelola Keuangan Bagi Kaum Muda

Cara menggunakan retinol

Sebelum digunakan pada wajah, setidaknya Anda bisa mengoleskan retinol pada bagian belakang telinga atau tepi wajah terlebih dahulu dan hanya mengaplikasikannya pada area kecil saja.

Jika Anda tidak mengalami reaksi seperti gatal atau kemerahan pada kulit, retinol dapat dioleskan secara merata pada kulit wajah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperoleh manfaat yang optimal.

1. Bersihkan kulit secara lembut dengan sabun wajah, lalu bilas dengan air, tepuk-tepuk lembut wajah hingga kering.

2. Beberapa orang tetap menggunakan toner sebelum menggunakan retinol.

3. Mulailah dengan konsentrasi yang rendah, apalagi jika Anda baru pertama kali menggunakan retinol, untuk menghindari iritasi kulit, disarankan untuk memulai dengan produk yang memiliki konsentrasi rendah.

4. Setelah itu, retinol bisa dioleskan secara merata pada wajah.

5. Langkah selanjutnya, Anda bisa menggunakan pelembab wajah. Pilihlah pelembap yang tidak menyumbat pori-pori atau biasa disebut nonkomedogenik.

6. Catatan: Retinol paling baik digunakan pada malam hari karena dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jika Anda menggunakan retinol pada malam sebelumnya, pastikan menggunakan tabir surya di pagi hari.

7. Gunakan Secara Konsisten Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, gunakan retinol secara konsisten setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu sesuai petunjuk pada produk yang Anda gunakan.

Pemahaman yang baik mengenai kapan waktu penggunaan sebelum menggunakan retinol dapat memaksimalkan kinerjanya pada kulit wajah. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli kecantikan untuk mendapatkan informasi detail yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit Anda.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News Tugujatim.id

Pengarang: Dicky Fabrianto

Editor: Devi Lindavati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *