Tajikistan melanjutkan kejutan ini dengan menyingkirkan UEA melalui adu penalti

Jakarta (JurnalPagi) – Timnas Tajikistan melanjutkan keajaibannya di Piala Asia AFC 2023 dengan menyingkirkan Uni Emirat Arab di babak 16 besar melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit di Stadion Ahmed Ben Ali. Stadion, Ar-Ryan, Senin dini hari WIB.

Pada laga ini, Tajikistan unggul lewat Vahdat Hanov, namun UEA menyamakan kedudukan lewat bantuan Khalifa Al Hammadi.

Ketika seharusnya pemenang laga ini ditentukan melalui adu penalti, Tajikistan sukses melaju ke babak perempat final dengan mengalahkan UEA 5-3.

Secara statistik, Emirates mendominasi permainan dengan mencatatkan 65% penguasaan bola dan total 20 tembakan, 7 di antaranya tepat sasaran.

Pada laga tersebut, Emirates langsung mengambil inisiatif sejak menit pertama dan mendapat peluang melalui tendangan bebas Fabio de Lima yang masih jauh dari gawang Tajikistan.

Kendati demikian, Tajikistan berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-30 melalui sundulan Vahdat Hanov yang dikirim Zvir Zhurabev untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Berikutnya, Emirates berusaha mendapatkan gol penyama, salah satunya tembakan Kayo Kondo yang masih jauh dari gawang, sehingga babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Tajikistan.

Shin Puas dengan Kiprah Timnas di Asian Nations Cup

Memasuki babak kedua, Tajikistan memanfaatkan peluang pertama melalui tembakan Ahsun Panjeshanbe yang berhasil diselamatkan kiper UEA Khalid Issa.

Kali ini anak didik Petar Segert kembali menciptakan peluang melalui tembakan Alishir Jalilov, namun bola kembali mampu diblok oleh Isa.

Emirates memasuki perpanjangan waktu melalui tembakan Yahya Al Ghassani, namun bola masih membentur tiang.

Anak didik Paolo Bento akhirnya menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 90+5 melalui tendangan bebas Ali Saleh dan sundulan Khalifa Al Hammadi.

Penjaga gawang Tajik itu akhirnya melaju ke perempat final dengan kemenangan adu penalti setelah Rustam Yetimov menggagalkan tembakan pemain UEA Kayo Kondo.

Koresponden: Eldi Sultan
Redaktur: Eka Arifa Rosqiati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *