jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Perusahaan riset pasar Ipsos mengumumkan hasil survei “E-commerce Live Streaming Trends for Sellers” 2023 yang menunjukkan status dan keadaan pasar digital pada kuartal III tahun 2023.

Berdasarkan survei yang disertakan Penjual dari brand lokal dan usaha kecil menengah di Indonesia yang menggunakan fitur berbeda Hidup itu di Pasar Melalui panel online IPSOS, tercatat Shopee Live masih menjadi pilihan fitur utama Hidup Pada tahun tersebut lebih banyak digemari oleh merek lokal dan perusahaan kecil menengah.

Shopee Live adalah pemimpin dalam indikator fitur Hidup Paling diingat oleh merek lokal dan usaha kecil dan menengah (pikiran teratas/TOM) dengan 77%, unggul 19% dari pesaing terdekatnya Tiktok Live.

Sedangkan pada indeks fitur Hidup Sering digunakan oleh merek lokal dan usaha kecil dan menengah (Nama merek sering digunakan/BUMO), persentase Shopee Live sebesar 72% dibandingkan TikTok Live sebesar 26%.

Inilah Marketplace yang Sering Digunakan Ipsos Versi “Penjual Online”.

Ke SahamShopee Live (82%) juga menjadi platform pilihan untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh mengungguli TikTok Live sebesar 18%.

“Di penghujung tahun 2023, kami melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar. Hidup 2024 adalah untuk penjual dunia perdagangan elektronik Andy Sukma, Direktur Eksekutif IPSOS Indonesia, dalam siaran resminya, Jumat, mengatakan, “Hal ini ditandai dengan perubahan signifikan, tantangan yang semakin dinamis, dan munculnya pemain-pemain baru.

“Kalau kita lihat dari survei yang dilakukan IPSOS, ada fitur Shopee Live Hidup “Unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh merek dalam negeri maupun perusahaan kecil dan menengah, seperti memberikan pelayanan terbaik dan memberikan peningkatan omzet yang paling besar,” ujarnya.

Jadi jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, lanjut Andi, diperkirakan Shopee Live akan terus mendominasi tahun ini. Hidup Pemilihan brand lokal dan UMKM antara lain perdagangan elektronik lainnya

Inilah Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjual Memilih Pasar di Bulan Ramadhan

Aspek penting

Aspek penting yang mempengaruhi preferensi penjual dalam pemilihan fitur Hidup pada platform perdagangan elektronik diantaranya pelayanan yang memuaskan, meningkatkan omset dan membantu pertumbuhan bisnis.

1. Streaming langsung memuaskan

melalui Hidup, Merek lokal dan UKM dapat berkomunikasi secara efektif Tepat waktumenjawab pertanyaan dan memberikan informasi langsung kepada konsumen.

Fitur dan layanan ini dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih dari sekedar aktivitas jual beli, namun memberikan kedekatan.
antara penjual dan konsumen

Berdasarkan data survei IPSOS pada akhir tahun 2023, Shopee Live menunjukkan keunggulan signifikan dalam memberikan layanan terbaik bagi merek lokal dan usaha kecil dan menengah sebesar 67 persen, jauh di atas TikTok Live (25 persen), Lazada Live (5 persen) . dan Tokopedia Play (3 persen).

Hal ini sejalan dengan hasil survei IPSOS, dimana Shopee Live (63 persen) dinilai oleh brand lokal dan UMKM sebagai Hidup dengan fitur interaktif terbaik, disusul TikTok Live (25 persen), Lazada Live (7 persen), dan Tokopedia Play (6 persen).

Riset Ipsos: 77% Masyarakat Indonesia Optimis Perkuat Ekonomi

2. Peningkatan omzet

Properti Hidup Ia juga unggul dalam memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda bagi konsumen sekaligus mempengaruhi omset merek lokal dan usaha kecil dan menengah.

Dibandingkan antar platform perdagangan elektronikLebih dari separuh merek lokal dan UKM (67 persen) mengakui bahwa Shopee Live merupakan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka, mengungguli TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen) dan Lazada Live (4 persen). telah melampaui.

Shopee Live juga hadir Penjual Sebagai fitur Hidup yang menghasilkan keuntungan terbaik (67 persen), disusul TikTok Live (26 persen), Tokopedia Play (4 persen), dan Lazada Live (3 persen).

Riset Ipsos Tunjukkan Keunggulan Produk dan Layanan Pengiriman Tokopedia

3. Membantu mengembangkan bisnis

Merek lokal dan UMKM di Indonesia menunjukkan bahwa Shopee Live mendominasi posisi sebagai fitur dengan 64%. Hidup Lebih tinggi dari TikTok Live (27 persen), Lazada (6 persen) dan Tokopedia Play (3 persen) yang membantu merek lokal dan UKM tumbuh paling besar.

Sekitar 65% brand lokal dan UMKM menganggap program pelatihan yang ditawarkan oleh Shopee Live sangat bermanfaat dan bermanfaat bagi para penjual. Hal ini mencerminkan komitmen platform untuk membekali penjual dengan pengetahuan dan keahlian untuk mencapai keuntungan penjualan yang optimal. Hidup.

Selain itu, program serupa di perdagangan elektronik Lainnya masih tertinggal dengan TikTok Live (28 persen), Lazada Live (5 persen) dan Tokopedia Play (3 persen).

Dengan data tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa Shopee Live adalah sebuah platform Hidup Pilihan utama brand lokal dan perusahaan kecil menengah. Andy Sukma mengatakan, “Shopee Live menjawab berbagai aspek penting yang dibutuhkan penjual dalam mengembangkan bisnisnya dan memberikan omzet yang maksimal bagi brand lokal dan UMKM.”

Jajak Pendapat Ipsos Rangkum ‘Super App’ Terbaik di Asia Tenggara, Top Grab

Koresponden: Alvansia Pesaribo
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024